Daftar Unique Unit dalam Game "Age of Empires II"



Cuplikan game "Age of Empires II" yang menampilkan pasukan gajah War Elephant.

Bagi para pecinta game bergenre RTS / strategi, "Age of Empires II" merupakan salah satu judul yang pastinya sudah tidak asing lagi. Game yang populer dengan nama singkat AoE2 ini begitu digandrungi karena metode permainannya yang mudah dipelajari, namun di saat bersamaan juga menawarkan begitu banyak pilihan strategi yang memberikan tantangan tersendiri kepada para pemainnya. 

Game AoE2 merupakan buah karya dari studio game Ensemble Studios yang sekarang sudah bubar. Total, ada 2 game AoE II yang dibuat oleh Ensemble. Kedua game tersebut adalah "Age of Empires II : The Age of Kings" (1999) serta ""Age of Empires II : The Conquerors" (2000).

Game AoE2 terkenal karena menampilkan begitu banyak faksi peradaban yang bisa dimainkan & menggunakan elemen-elemen bertema sejarah Abad Pertengahan sebagai tema utamanya. Masing-masing faksi memiliki prajurit khusus bernama "Unique Unit", di mana normalnya unit ini tidak bisa dibuat oleh faksi lainnya.

Seperti unit-unit lainnya dalam game AoE2, Unique Unit juga dibuat berdasarkan prajurit yang benar-benar ada dalam sejarah. Apa sajakah unit-unit tersebut? Jawabannya bisa anda temukan dalam artikel kali ini.



DIPERKENALKAN DI "THE AGE OF KINGS" (1999)

Berserk

Berserk & pion catur di British Museum yang menampilkan prajurit Viking. 

Faksi : Vikings
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Sebelum sekuel The African Kingdoms dirilis, Berserk menjadi satu-satunya unit yang sanggup menyembuhkan dirinya sendiri. Jika Berserk terluka, poin nyawa / HP yang dimilikinya akan pulih dengan sendirinya. Namun dalam praktiknya, kemampuan tersebut seringkali tidak banyak membantu di medan perang.

Karena Berserk hanya memiliki HP berjumlah sedang & tingkat regenerasi HP-nya terbilang lambat, Berserk lebih sering mati terlebih dahulu sebelum bisa menyembuhkan diri. Sebagai akibatnya, walaupun Berserk bukanlah infantri terlemah, Berserk termasuk salah satu unit yang paling jarang digunakan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Berserk / berserker adalah sebutan untuk pasukan Viking yang kerap melakukan penjarahan di Eropa. Ketika hendak beraksi, mereka akan berlayar menggunakan kapal-kapal miliknya, mendarat di kampung-kampung yang terletak di dekat pantai, & kemudian melakukan penjarahan membabi buta.

Sebagai akibat dari reputasi berserker sebagai kawanan perampok yang gemar berperang, kata "berserk" lantas diserap ke dalam kosakata Inggris untuk mendeskripsikan perilaku mengamuk tanpa kendali. Praktik penjarahan yang dilakukan oleh berserker perlahan-lahan ditinggalkan setelah raja-raja di Eropa Utara mengadopsi agama Kristen.


Cataphract

Cataphract & relief Cataphract Sassanid di Taq-e Bostan, Iran.

Faksi : Byzantines
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Cataphract adalah salah satu unit kavaleri paling mahal di dalam game, namun unit ini juga merupakan salah satu unit yang paling serba guna. Selain memiiki bonus serangan melawan infantri, Cataphract juga kebal terhadap bonus serangan dari unit-unit anti-kavaleri seperti Camel & Spearman.

Jika pemain sudah membeli teknologi Logistica, Cataphract bisa melakukan serangan ke banyak unit di sekitarnya sekaligus. Dengan komposisi pasukan yang tepat & beragam, pasukan yang dilengkapi dengan Cataphract sangat sulit dikalahkan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Cataphract dalam bahasa Yunani berarti "perisai". Dalam struktur militer Byantium & kerajaan-kerajaan pra-modern, Cataphract adalah sebutan untuk pasukan berkuda yang dilengkapi dengan pelindung logam tebal. Sebagai akibat dari perlengkapan pelindungnya yang berat, kuda cataphract tidak bisa digunakan untuk menempuh jarak yang terlampau jauh secara terus menerus.

Fungsi utama cataphract di medan perang adalah untuk menabrak sambil merusak barisan terdepan formasi pasukan musuh. Selain dilengkapi dengan senjata jarak dekat macam tombak & pedang, cataphract juga dilengkapi dengan panah.


Chu Ko Nu

Chu Ko Nu & busur peninggalan dari abad ke-18.

Faksi : Chinese
Tipe : pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Chu Ko Nu merupakan salah satu unit pemanah dengan jarak tembak terpendek di dalam game, namun Chu Ko Nu mengkompensasinya dengan teknik serangannya yang unik. Sekali menembak, Chu Ko Nu bisa menembakkan hingga 5 anak panah sekaligus!

Jika seluruh anak panahnya tepat sasaran, Chu Ko Nu pun menjadi unit pemanah dengan serangan terkuat di dalam game. Berkat teknik serangannya yang unik pulalah, Chu Ko Nu menjadi 1 dari sedikit unit pemanah yang efektif ketika harus bertempur melawan Ram & Skirmisher yang notabene memiliki ketahanan tinggi terhadap proyektil.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Chu Ko Nu adalah sebutan untuk sejenis crossbow / pistol busur khas Cina yang bisa menembakkan banyak anak panah sekaligus. Ketika hendak digunakan, pemakai Chu Ko Nu akan mengisi bagian kotak busur dengan sejumlah anak panah. Ketika gagang yang ada di belakang busur digerakkan naik turun, anak panah yang tersimpan di dalam busur akan terlontar ke depan secara beruntun layaknya peluru senapan mesin.

Kendati terlihat berbahaya, busur dari periode Sebelum Masehi ini memiliki akurasi yang buruk. Untuk mengakali kelemahan tersebut, Chu Ko Nu biasanya digunakan di tepi benteng untuk membunuh gerombolan musuh yang hendak memanjat ke balik dinding.


Huskarl

Huskarl & ilustrasi Housecarl dalam permadani Bayeux Tapestry dari abad ke-11.

Faksi : Goths
Tipe : infantri
Dibuat di : Caste, Barrack (sesudah meriset Anarchy)

Deskripsi (Versi Game) :

Normalnya infantri lemah jika harus berhadapan dengan pemanah. Pengecualian untuk Huskarl karena unit ini memiliki armor anti-proyektil yang sangat tinggi & bonus serangan terhadap pemanah. Namun kelebihan Huskarl bukan cuma itu.

Jika pemain Goths sudah meriset teknologi Anarchy & Perfusion, pemain yang bersangkutan bisa membuat puluhan unit Huskarl hanya dalam hitungan detik. Unitmu kalah dalam pertarungan 3 lawan 3? Kalau begitu kirimlah 10! Itulah prinsip terpenting untuk memaksimalkan kekuatan Goths & Huskarl.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Huskarl / housecarl adalah sebutan untuk pasukan pengawal raja-raja di Inggris & Eropa Utara pada Abad Pertengahan. Secara harfiah, "huskarl" memiliki makna "penghuni rumah" dalam bahasa Skandinavia Kuno.

Housecarl memanfaatkan keahliannya bertempur sebagai pengawal merangkap pasukan pribadi raja yang memanfaatkan jasanya. Sebagai gantinya, housecarl diperbolehkan mengambil harta rampasan perang secara bebas & mendapatkan sejumlah hak istimewa dari raja majikannya. Housecarl juga kerap dilibatkan dalam sejumlah tugas seperti mengumpulkan pajak di wilayah kekuasaan sang raja.


Janissary

Janissary & ilustrasi pasukan Yeniceri.

Faksi : Turks
Tipe : pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Sebelum sekuel The Conquerors dirilis, Turks adalah satu-satunya peradaban yang bisa membuat unit mesiu di Castle Age. Dan Janissary adalah unit tersebut. Janissary merupakan salah satu unit organik dengan serangan jarak jauh yang paling kuat, namun Janissary juga memiliki akurasi yang buruk & kecepatan serangan yang lambat.

Janissary adalah unit yang sangat rapuh jika melihat statistik individu & biaya pembuatannya yang lumayan mahal. Namun jika pemain bisa menjaga agar pasukan Janissary miliknya tidak terbunuh, Janissary bisa menumbangkan banyak unit musuh di medan perang.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Janissary / Yeniceri adalah nama dari korps pasukan elit Ottoman yang pertama kali dibentuk pada akhir abad ke-14. Keanggotaan Janissary berasal dari anak-anak non-Muslim yang direkrut untuk dilatih sejak dini supaya loyal kepada sultan & terampil di medan perang.

Berbeda dengan versi gamenya, Janissary di masa-masa awal pembentukannya dibekali dengan senjata non-mesiu seperti panah & pedang. Seiring dengan semakin pentingnya peran Janissary, mereka mulai berani menuntut hak-hak istimewa semisal hak untuk menikah & memiliki bisnis sendiri. Janissary akhirnya dibubarkan secara paksa pada tahun 1826 setelah mereka mencoba mengkudeta Sultan Mahmud II.


Longboat

Longboat & bangkai longship di Oslo, Norwegia.

Faksi : Vikings
Tipe : kapal
Dibuat di : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Longboat adalah satu-satunya unique unit yang dibuat di pelabuhan (Dock) sebelum sekuel The Conquerors dirilis. Longboat pada dasarnya merupakan kapal layar kecil yang menembakkan 3 anak panah sekaligus ke arah targetnya.

Kelebihan Longboat jika dibandingkan dengan kapal perang macam Galleon adalah ukurannya yang sempit membuat Longboat lebih mudah bermanuver & berganti target dalam pertempuran berskala besar. Selebihnya, Longboat harus diperlakukan layaknya Galleon yang berarti sepasukan Longboat tidak dianjurkan untuk menghadapi sepasukan Fire Ship tanpa dukungan unit lainnya.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Longboat / longship (kapal panjang) adalah sebutan untuk kapal khas bangsa Viking. Kapal ini mudah dikenali dengan melihat bentuknya yang panjang & adanya layar tunggal berbentuk segi empat. Desain longboat yang panjang menyebabkan kapal ini bisa bermanuver dengan mudah di perairan dangkal & teluk sempit. Longship terdiri dari beragam tipe di mana tipe longship terbesar dikenal dengan nama "knorr" & sanggup mengangkut muatan seberat 20 ton lebih.


Longbowman

Longbowman & lukisan pasukan longbowman dalam Perang 100 Tahun.

Faksi : Britons
Tipe : pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Longbowman adalah unit pemanah yang benar-benar memaksimalkan kelebihannya sebagai unit tempur jarak jauh. Unit ini merupakan unit pemanah dengan jarak tembak paling jauh di dalam game. Jika pemain bisa menjaga pasukan Longbowman-nya tetap hidup dengan cara menemparkan sepasukan infatri atau kavaleri di depannya, maka pemain yang bersangkutan bakal memiliki pasukan yang nyaris tidak terkalahkan. Bahkan unit-unit macam Mangonel & Skirmisher yang normalnya efektif melawan pemanah jadi kehilangan efektifitasnya ketika harus berhadapan dengan radius tembak Longbowman yang superior.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Longbow (busur panjang) adalah nama dari busur yang - sesuai namanya - memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan busur kebanyakan. Dalam posisi tegak, busur ini tingginya mencapai 1,8 m alias setara dengan orang dewasa.

Karena berukuran panjang, longbow pun memiliki tali busur yang panjang pula sehingga ketika talinya dilentingkan, anak panah yang dilepaskannya bisa menempuh jarak hingga sejauh 180 m. Semasa Perang 100 Tahun melawan Perancis, pasukan longbow memiliki peran vital dalam membantu pasukan Inggris memenangkan sejumlah pertempuran penting seperti Crecy (1346) & Agincourt (1415).


Mameluke

Mameluke & ilustrasi prajurit mamluk Mesir.

Faksi : Saracens
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Mameluke adalah Unique Unit yang benar-benar unik. Unit ini bertipe kavaleri & memiiki tipe serangan jarak dekat (melee), namun unit yang bersangkutan bisa menyerang targetnya dari kejauhan dengan cara melemparkan pedangnya.

Mameluke merupakan salah satu unit paling serba bisa karena unit ini cepat, kuat, & cocok untuk beragam taktik. Kelemahan utama Mameluke adalah unit ini adalah salah satu unit paling boros karena memerlukan sumber daya Gold dalam jumlah besar. Mameluke juga lemah ketika harus berhadapan dengan pasukan pemanah berjumlah besar.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Mameluke / mamluk adalah sebutan untuk pasukan dinasti-dinasti Muslim Timur Tengah pada Abad Pertengahan. Mayoritas personil mamluk berasal dari budak yang didatangkan dari padang rumput Eurasia, kawasan yang terkenal dengan kemahiran penunggang kudanya.

Berbeda dengan versi gamenya, mamluk menggunakan kuda sebagai hewan tunggangan utamanya. Berkat pasukan mamluk di Ain Jalut pulalah, pasukan Mongol yang sangat ditakuti di abad ke-13 tidak pernah bisa mencapai Afrika. Di sejumlah tempat semisal di Mesir & India utara (Delhi), personil mamluk menjadi pemimpin baru kesultanan setempat setelah majikan merangkap sultan lamanya wafat.


Mangudai

Mangudai & ilustrasi pemanah berkuda Mongol dari manuskrip abad ke-14.

Faksi : Mongols
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Dari segi statistik individu, Mangudai terlihat tidak berbeda jauh dibandingkan Cavalry Archer biasa. Namun kelebihan Mangudai baru terlihat jika pemain menggunakan unit ini untuk taktik menembak sambil melarikan diri. Kecepatan serangannya yang tinggi & kemampuannya menembak tanpa mengambil ancang-ancang menjadikan sepasukan Mangudai sangat sulit dihentikan oleh pemain lawan manapun. Mangudai juga merupakan pembunuh Trebuchet & unit Siege Workshop yang sangat lihai karena Mangudai memiliki bonus serangan melawan unit-unit tadi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Mangudai sebagai unit pemanah berkuda merupakan hasil inspirasi langsung dari kehebatan pasukan berkuda Mongolia yang begitu melegenda. Taktik favorit pasukan berkuda Mongolia dalam pertempuran terbuka adalah menyerang musuhnya lebih dulu, berpura-pura mundur saat dikejar, lalu mendadak mengepung musuh yang mengejarnya tadi dari segala arah.

Mengenai arti istilah mangudai sendiri, tidak ada penjelasan yang baku mengenai apa (atau siapa) mangudai sebenarnya. Menurut sejarawan James Chambers, mangudai adalah semacam kavaleri untuk taktik serangan bunuh diri. Sementara menurut catatan perjalanan Marco Polo, mangudai / Meng Gu Dai adalah nama dari seorang panglima militer Mongol.


Samurai

Samurai & baju zirah samurai di Museum Shinjuku.

Faksi : Japanese
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Samurai merupakan unit yang kontroversial. Dari segi statistik individu, unit ini pada dasarnya merupakan sejenis infantri bertipe Champion dengan biaya produksi yang sedikit lebih mahal. Samurai memang memiliki bonus serangan melawan Unique Unit lainnya. Namun selain melawan sesama Unique Unit bertipe infantri, Samurai kurang efektif jika harus digunakan untuk melawan Unique Unit tipe lainnya akibat jumlah HP-nya yang rendah & gerakannya yang tidak begitu cepat. Singkatnya, Samurai tidak disarankan untuk digunakan jika kebetulan lawannya bukanlah tipe faksi yang bertumpu pada infantri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Samurai adalah nama dari kelas militer dalam sistem feudal masyarakat Jepang. Berbeda dengan anggapan awam, selain bertempur memakai pedang sambil menapak tanah, samurai juga mahir bertarung di atas kuda & menggunakan busur.

Majikan dari samurai dikenal dengan daimyo, di mana daimyo biasanya merupakan bangsawan merangkap tuan tanah setempat. Posisi samurai akhirnya punah sesudah Restorasi Meiji (1868) karena pemerintahan Jepang yang baru lebih tertarik menggunakan sistem angkatan bersenjata yang terpusat untuk menggantikan sistem samurai yang berbasis fanatisme majikan & kedaerahan.


Teutonic Knight

Teutonic Knight & lukisan prajurit Ordo Teutonik buatan Giuseppe Rava.

Faksi : Teutons
Tipe : infatri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Teutonic Knight adalah salah satu unit jarak dekat terkuat yang ada di dalam game. Kekuatan serangan & perisainya yang tinggi membuat unit kavaleri sekaliber Paladin sekalipun tumbang dalam pertarungan 1 lawan 1.

Namun di luar segala kelebihannya tersebut, Teutonic Knight memiliki kelemahan besar yang kerap memusingkan penggunanya. Teutonic Knight merupakan salah satu unit paling lambat yang ada di dalam game. Itulah sebabnya Teutonic Knight harus didukung dengan unit jarak jauh dalam jumlah yang cukup supaya kekuatannya tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Teutonik adalah nama dari ordo keagamaan yang pertama kali dibentuk di Yerusalem oleh para pedagang & perantauan asal Jerman untuk membantu merawat Tentara Salib / Crusader yang sakit. Namun sejak tahun 1198, Ordo Teutonik bertransformasi menjadi ordo militer supaya bisa membantu melindungi Yerusalem.

Menyusul keberhasilan pasukan Muslim menaklukkan wilayah-wilayah kekuasaan Crusader di Palestina, Ordo Teutonik bersama pasukan Crusader lainnya terpaksa kembali ke Eropa. Terhitung sejak abad ke-13, Ordo Teutonik terlibat dalam serangkaian perang di Eropa Timur untuk membantu kerajaan-kerajaan Katolik setempat memerangi kerajaan non-Katolik saingannya. Ordo Teutonik masih ada hingga sekarang, namun sekarang perannya bergeser menjadi organisasi kemanusiaan.


Throwing Axeman

Throwing Axeman & replika kapak francisca modern.

Faksi : Franks
Tipe : infatri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Throwing Axeman adalah versi infantri dari Mameluke. Keduanya sama-sama memiliki serangan jarak jauh, namun tipe serangannya tidak digolongkan ke dalam tipe proyektil macam panah. Berbeda halnya dengan Mameluke yang kerap dianggap sebagai salah satu unit paling berguna, Throwing Axeman oleh banyak orang justru kerap dianggap sebagai salah satu unit yang paling tidak berguna. Gerakannya lambat, kekuatan serangannya lemah, & jumlah HP-nya rendah.

Hal-hal tersebut lantas menjadikan Throwing Axeman sebagai salah satu unit yang paling jarang digunakan. Jika ada pemain yang memilih Franks sebagai peradabannya, biasanya ia melakukannya lebih karena ia ingin memaksimalkan kelebihan Franks di sektor kavaleri / pasukan berkuda.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Francisca adalah nama dari sejenis kapak perang asal Perancis dengan fungsi & taktik tempur yang beragam. Dalam pertempuran jarak dekat, pengguna francisca bisa menggunakan kapak tersebut untuk membacok layaknya senjata tajam biasa.

Namun dalam pertempuran jarak jauh, pengguna francisca bisa melemparkan kapaknya tersebut untuk melukai musuhnya dari kejauhan atau setidaknya membuat formasi tempur mereka berantakan. Sesudah melemparkan kapaknya, pengguna francisca kemudian berlari ke depan untuk melawan musuh dengan senjata jarak dekat lain yang mereka bawa.


War Elephant

War Elephant & patung miniatur  gajah perang Kekaisaran Sassanid Persia.

Faksi : Persians
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

War Elephant merupakan unit darat terkuat di dalam game. Dalam pertarungan jarak dekat 1 lawan 1, tidak ada unit yang bisa mengalahkan War Elephant. Sementara dalam pertempuran berskala besar, War Elephant bisa menghabisi lawan-lawannya dengan relatif cepat berkat kemampuannya menyerang banyak musuh sekaligus.

Namun seperti halnya Teutonic Knight, War Elephant juga merupakan salah satu unit paling lambat yang ada di dalam game. Pemain lawan yang terampil juga bisa menggunakan Monk supaya War Elephant berbalik menyerang pemilik awalnya.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia. Ukurannya yang besar lantas membuat hewan ini dijinakkan untuk keperluan militer. Di medan perang, gajah bisa digunakan untuk menginjak-injak pasukan musuh sambil mengangkut prajurit pemanah & pelempar tombak di atasnya.

Bangsa Persia sendiri sudah sejak lama diketahui menggunakan gajah untuk keperluan perang, di mana mereka mengimpor gajahnya dari India. Sebagai contoh, Kekaisaran Sassanid Persia diketahui menggunakan gajah ketika terlibat konflik melawan pasukan Khulafaur Rasyidin yang datang dari Jazirah Arab.


Woad Raider

Woad Raider & ilustrasi pasukan infantri suku Kelt.

Faksi : Celts
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Woad Raider adalah salah satu unit infantri tercepat di dalam game. Kemampuan tersebut menjadikan Woad Raider cocok untuk keperluan pengintaian & serangan mendadak. Berkat kecepatannya pula, Woad Raider bisa mengalahkan pasukan pemanah yang normalnya menjadi momok bagi pasukan infantri.

Selebihnya, Woad Raider harus diperlakukan layaknya infantri lainnya. Gunakan unit ini untuk menghancurkan bangunan & pasukan lawan. Tapi tarik mundur jika yang dihadapi adalah unit-unit dengan bonus serangan kontra infatri

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Woad adalah nama dari sejenis bunga asli Eropa yang getahnya mengandung zat pewarna. Menurut kesaksian bangsa Romawi Kuno, prajurit asli Pulau Britania diketahui melumuri wajahnya dengan getah bunga ini untuk membuat penampilannya terlihat garang. Jadi "woad raider" bisa dimaknai sebagi kawanan penjarah yang melumuri wajahnya dengan getah woad.

Kemampuan woad raider untuk bergerak dengan cepat kemungkinan merujuk pada taktik gerilya & serangan cepat prajurit Skotlandia di masa perang kemerdekaan. Namun kalau di dalam sejarah aslinya sendiri, prajurit yang digunakan untuk taktik macam itu adalah prajurit yang menunggangi kuda kecil (hobelar).



DIPERKENALKAN DI "THE CONQUERORS" (2000)

Conquistador

Conquistador & lukisan pasukan conquistador ketika memerangi pasukan Aztec.

Faksi : Spanish
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Conquistador adalah kavaleri pemanah yang menyerang dengan cara menembakkan senapannya. Jika dibandingkan dengan Janissary yang notabene juga merupakan unit mesiu, Conquistador memiliki HP lebih banyak & bisa bergerak lebih cepat, namun dengan jarak tembak yang lebih pendek. Conquistador cukup efektif untuk taktik menyerang sambil menghindari kendati unit yang bersangkutan memiliki jeda antar serangan yang cukup lama.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Conquistador adalah sebutan untuk rombongan penjelajah asal Spanyol yang merintis penaklukkan Benua Amerika pada abad ke-16. Walaupun hanya berjumlah sedikit, kelihaian para conquistador dalam memanfaatkan keluguan penguasa lokal & menjalin aliansi dengan rival sang penguasa membuat mereka sanggup menaklukkan kerajaan-kerajaan kuat seperti Aztec & Inca.

Salah satu momen pertempuran paling fenomenal yang melibatkan conquistador terjadi pada tahun 1533 di Cajamarca, Inca. Walaupun harus berhadapan dengan ribuan prajurit Inca, pasukan conquistador pimpinan Francisco Pizzaro berhasil mengalahkan mereka dengan cara memanfaatkan terjangan kuda & suara keras senjata api yang notabene merupakan hal asing bagi mereka.


Jaguar Warrior

Jaguar Warrior & ilustrasi ksatria elang serta jaguar dari manuskrip abad ke-16.

Faksi : Aztecs
Tipe : infantri
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Jaguar Warrior adalah infantri yang memiliki bonus serangan melawan infantri lainnya. Dengan kata lain, dalam pertarungan melawan sesama pasukan infantri, Jaguar Warrior hampir selalu keluar sebagai pemenang. Namun kelebihan Jaguar Warrior belum sampai di sana. Jika pemain Aztecs sudah meriset teknologi Garland War, kekuatan serangan Jaguar Warrior meningkat drastis & unit ini dalam jumlah besar bisa meluluh lantakkan hampir segala jenis pasukan musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Prajurit Jaguar adalah salah satu kelas prajurit elit dalam struktur militer Aztec. Mereka mendapatkan nama demikian karena anggota dari kelas ini memang mengenakan kostum yang terbuat dari kulit jaguar.

Kostum kulit jaguar sendiri digunakan karena adanya kepercayaan kalau jaguar merupakan jelmaan dari dewa Tezcatlipoca. Gambar ilustrasi yang dibuat oleh penjelajah Spanyol menunjukkan kalau prajurit jaguar menggunakan macuahuitl (pedang kayu dengan obsidian tajam di bagian sisinya) & chimalli (sejenis perisai bundar) sebagai perlengkapan perang utamanya.


Missionary

Missionary & lukisan yang menampilkan pastor di Brazil saat menggelar misa di hadapan penduduk pribumi.

Faksi : Spanish
Tipe : pendeta
Dibuat di : Monastery

Deskripsi (Versi Game) :

Spanish adalah satu-satunya peradaban yang memiliki Unique Unit bertipe pendeta (Monk). Missionary adalah unit tersebut. Missionary secara garis besar bisa dideskripsikan sebagai Monk yang menaiki keledai.

Jika dibandingkan dengan Monk, Missionary unggul dalam hal kecepatan bergerak, namun jangkauan konversinya tidak sejauh Monk biasa. Missionary juga tidak bisa digunakan untuk mengangkat Relic. Missionary adalah unit pendukung yang tepat untuk diikutsertakan dalam pasukan jika kebetulan pasukan tersebut didominasi oleh unit kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Misionaris adalah sebutan untuk pemuka agama Kristen yang merantau ke wilayah koloni milik negara Eropa di benua lain untuk mengajak penduduk pribumi setempat memeluk agama Kristen. Untuk memudahkan misinya tersebut, mereka mendirikan sekolah kecil sambil memperkenalkan pengetahuan baru kepada penduduk lokal.

Misi mereka sama sekali tidak mudah karena seringkali wilayah yang mereka kunjungi masih dipenuhi dengan penyakit, hewan buas, & kaum pribumi yang membenci orang asing. Tidak jarang mereka bersinggungan dengan sesama orang Eropa akibat perbedaan kepentingan. Di Brazil misalnya, para misionaris Yesuit terlibat konflik dengan gerombolan pemburu budak pribumi (bandeiras).


Plumed Archer

Plumed Archer & replika modern anak panah bermata obsidian.

Faksi : Mayans
Tipe : pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Bersama dengan Aztecs & Incas, Mayans adalah satu-satunya peradaban yang tidak bisa membuat pasukan berkuda alias kavaleri. Batasan tersebut juga berlaku pada pasukan tipe pemanah yang berarti peradaban Aztecs & Mayans tidak bisa membuat Cavalry Archer. Namun hal tersebut tidak terlalu masalah bagi Mayans karena peradaban ini memiliki Plumed Archer sebagai penggantinya.

Plumed Archer memang memiliki HP & serangan yang lebih rendah daripada Cavalry Archer. Namun biaya produksinya yang murah & ketahanannya terhadap bonus serangan yang dimiliki oleh pasukan anti-kavaleri menjadikan Plumed Archer sebagai pengganti Cavalry Archer yang efektif sekaligus ekonomis.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Tidak diketahui secara jelas apa sumber inspirasi dari unit pemanah ini. Satu-satunya petunjuk yang diketahui adalah suku-suku pribumi Amerika Tengah sudah mengenal penggunaan busur & mahkota bulu burung untuk keperluan upacara keagamaan.

Status Plumed Archer sebagai pemanah yang bisa berlari cepat kemungkinan merujuk pada taktik pemanah setempat yang memanfaatkan kerimbunan rimba Amerika Tengah untuk bersembunyi & kemudian menyerang secara tiba-tiba. Sementara untuk mata anak panahnya, mereka menggunakan serpihan batu obsidian yang sudah diasah.


Tarkan

Tarkan & lukisan mengenai pasukan Hun saat menginvasi kota Roma.

Faksi : Huns
Tipe : kavaleri
Dibuat di : Castle, Stable (sejak seri The Forgotten)

Deskripsi (Versi Game) :

Tarkan merupakan versi lebih inferior dari Paladin karena dengan biaya produksi yang tidak berbeda jauh, Tarkan memiliki statistik individu yang lebih lemah daripada Paladin. Kelebihan utama Tarkan adalah unit ini memiliki bonus serangan terhadap bangunan yang berarti sepasukan unit ini bisa meratakan kota milik musuh dalam waktu relatif singkat.

Sejak game The Forgotten, pemain Huns juga bisa membuat Tarkan di Stable jika teknologi Marauders sudah dibeli. Tarkan termasuk unit kavaleri yang jarang digunakan akibat statistiknya yang tidak istimewa & fungsinya yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan Paladin.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Tarkhan adalah gelar kebangsawan yang digunakan oleh suku-suku Asia Tengah, daerah yang dispekulasikan sebagai daerah asal bangsa Hun sebelum bermigrasi ke Eropa. Mereka yang menyandang gelar ini memiliki hak-hak istimewa seperti bebas mengambil harta jarahan perang & tidak perlu membayar pajak. Namun penampilan Tarkan yang ada di dalam game sendiri kemungkinan diambil dari kebiasaan pasukan Hun menghancurkan desa-desa yang baru saja mereka jarah dengan cara membakarnya.


Turtle Ship

Turtle Ship & replika kapal kura-kura modern.

Faksi : Koreans
Tipe : kapal
Dibuat di : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Turtle Ship adalah unit laut terkuat di dalam game. HP & serangannya yang besar menjadikan unit ini tak terkalahkan dalam duel 1 melawan 1 melawan unit laut apapun. Dalam jumlah besar, sepasukan Turtle Ship bisa menguasai front laut dengan mudah.

Kelemahan utama Turtle Ship adalah unit ini memiliki gerakan yang lambat & biaya produksi yang amat mahal. Jangkauan serangannya juga tidak sebaik Galleon, sehingga pemain lawan yang terampil bisa menggunakan taktik menyerang sambil menjaga jarak untuk mengalahkan Turtle Ship.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kapal kura-kura / geobukseon adalah kapal perang buah karya Admiral Yi Sun Sin yang memiliki peran penting dalam menggagalkan penaklukan Jepang atas Korea di abad ke-16. Kapal tersebut memperoleh nama demikian sebagai akibat dari struktur menyerupai tempurung kura-kura di bagian atas deknya.

Tempurung itu sendiri aslinya adalah lambung kapal yang dipasang terbalik di atas badan kapal lainnya & dilengkapi dengan duri-duri logam untuk mencegah awak kapal musuh melompat ke badan kapal kura-kura. Sementara di bagian samping & depan, kapal ini dilengkapi dengan deretan meriam sebagai persenjataan utamanya.


War Wagon

War Wagon & hwacha yang sedang menembakkan misil.

Faksi : Koreans
Tipe : kavaleri pemanah
Dibuat di : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Walaupun unit ini menembakkan peluru misil yang besar layaknya Scorpion, War Wagon dikategorikan sebagai kavaleri pemanah. Sebelum sekuel The Forgotten dirilis, unit ini merupakan unit jarak jauh terkuat di dalam game. Statistik individunya yang perkasa & gerakannya yang relatif cepat membuat unit ini sangat cocok untuk beragam taktik.

Namun layaknya ungkapan "ada harga ada kualitas", unit ini memakan biaya produksi yang tidak murah. War Wagon juga memiliki ukuran yang besar sehingga dalam pertempuran berskala besar, tidak jarang unit ini kewalahan ketika harus mencari ruang kosong untuk menyerang musuh atau melarikan diri. War Wagon juga lemah jika harus berhadapan dengan Paladin & unit-unit anti-kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Sumber inspirasi utama dari War Wagon adalah hwacha, sejenis kereta kayu yang bisa meluncurkan panah berapi & kerap disebut-sebut sebagai peluncur roket dari Abad Pertengahan. Karena hwacha memiliki beberapa lubang peluncur panah & menggunakan mesiu sebagai bahan bakar pendorongnya, hwacha bisa menembakkan ratusan anak panah sekaligus dengan jarak tembak yang sangat jauh.

Tidak seperti unit War Wagon yang lincah & fleksibel, hwacha harus berada dalam posisi diam ketika digunakan. Dalam pertempuran di Haengju pada tahun 1593, hwacha yang dipasang di dinding benteng berperan vital dalam menggagalkan upaya pasukan Jepang untuk menaklukkan kota tersebut.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



DAFTAR GAME "AGE OF EMPIRES II"

-  The Age of Kings (1999)
-  The Conquerors (2000)
HD / The Forgotten (2013)
The African Kingdoms (2015)
Rise of the Rajas (2016)
Definitive Edition / The Last Khan (2019)
-  Lords of the West (Januari 2021)
Dawn of the Dukes (Agustus 2021)
Dynasties of India (2022)



REFERENSI

 - . 2008. "Housecarl". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

 - . 2008. "Hussar". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

 - . 2008. "Longbow". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Age of Empires Wiki. "Unique Units (Age of Empires II)".
(ageofempires.wikia.com/wiki/Unique_Unit_%28Age_of_Empires_II%29)

Aztecs & Tenochtitlan. "Aztec Jaguar Warriors".
(aztecsandtenochtitlan.com/aztec-warfare/aztec-jaguar-warriors/)

Cartwright, M.. 2014. "Quipu".
(www.worldhistory.org/Quipu/)

Conley, M.. 2010. "Samurai Sport Still Popular After 800 Years".
(abcnews.go.com/Travel/japanese-samurai-sport-yabusame-popular-800-years/story?id=10602480)

Creveld, M. v.. 2008. "Tactics". Encyclopaedia Britannica, Chicago,  AS.

D. Kassymova, dkk.. 2012. "Historical Dictionary of Kazakhstan". Scarecrow Press, AS.

Diamond, J.. 1997. "Guns, Germs, and Steel" (hal. 68-77). W. W. Norton, New York, AS.

Egland, J.. 2015. "Beasts of War" (hal. 15-16). Lulu, Raleigh, AS.

Encyclopedia.com. "Bandeiras".
(www.encyclopedia.com/humanities/encyclopedias-almanacs-transcripts-and-maps/bandeiras)

Encyclopedia.com. "Mamluk".
(www.encyclopedia.com/history/asia-and-africa/egyptian-history/mamluk)

G. C. Hurst III & F. G. Notehelfer. 2008. "Japan". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

George. 1995. "Chu-ko-nu".
(www.arco-iris.com/George/chu-ko-nu.htm)

Goel, A.. 2013. "Slave Dynasty (Ghulam Dynasty, Mamluk Dynasty) in India".
(www.importantindia.com/526/slave-dynasty-in-india/)

Higgins, B.. 2016. "The Battle of Karnal: Cannon Mounted Camels v War Elephants".
(www.warhistoryonline.com/featured/the-battle-of-karnal.html/2)

Hjardar, K.. 2016. "The truth about Viking berserkers".
(www.historyextra.com/period/viking/the-truth-about-viking-berserkers/)

Innes, E.J.. 1989. "The Strategy and Tactics of the Scottish Armies 1296-1314".
(www.scottishhistory.com/articles/independence/csys/dissertation/csysdiss_print.html)

Ison, D.. 2016. "War Elephants: From Ancient India to Vietnam".
(warfarehistorynetwork.com/daily/military-history/war-elephants-from-ancient-india-to-vietnam/)

Kane, N.. 2016. "Maya Weapons: The Atlatl and Obsidian Dart".
(readicon.com/maya-weapons-atlatl/)

Knighton, A.. 2016. "A Force to be Reckoned With – Mercenaries in the Hundred Years War".
(www.warhistoryonline.com/medieval/mercenaries-hundred-years-war.html)

Mahabal, M.. 2013. "Ancient Mayan Headdresses: Cultural Importance".
(incamayanaztec.com/ancient-mayan-headdresses.html)

Military Factory. 2013. "The Francisca was a weapon very much designed to inflict damage to both body and psyche".
(www.militaryfactory.com/ancient-warfare/detail.asp?ancient_id=francisca)

Mingren, W.. 2016. "The Powerful Hwacha: An Early Korean Rocket Launcher".
(www.ancient-origins.net/artifacts-ancient-technology/powerful-hwacha-early-korean-rocket-launcher-005759?nopaging=1)

Ossian, R.. "Complete List of Sailing Vessels".
(www.thepirateking.com/ships/ship_types.htm)

Ossian, R.. "Korean Turle Ships".
(www.thepirateking.com/ships/ships_turtle.htm)

Ozgen, K.. "Army & the Military Ranks (3 of 5)".
(www.theottomans.org/english/campaigns_army/index_3.asp)

Ozgen, K.. "Army & the Military Ranks (4 of 5)".
(www.theottomans.org/english/campaigns_army/index_4.asp)

P. Halewood & C. Luxford. "The Battle of al-Qadisiyyah — 637 AD".
(www.soa.org.uk/slingshot/sample_articles/sample_alqadisiyyah/)

Weapons and Warfare. 2015. "1400-1590: Ottoman weapons I".
(weaponsandwarfare.com/2015/11/07/1400-1590-ottoman-weapons-i/)

Wikipedia. "Manghud".
(en.wikipedia.org/wiki/Manghud)

William, dkk.. "History of the Crossbow: Origins and Evolution".
(www.bestcrossbowsource.com/history-of-the-crossbow-origins-and-evolution/)

Woad-inc. "History of Woad".
(www.woad-inc.co.uk/history.html)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



11 komentar:

  1. meskipun begitu, pilihan ane tetap Catapract dari Byzantines gan, teutonic knight, woad rider, huskarl, skirmish ma prajurit lain gak ada apa-apanya hehehe

    BalasHapus
  2. Kalau aku sich suka pake mayan cpt asal jgn main lama aja

    BalasHapus
  3. Aku sich suka pake mayan tp jgn main lama aja
    Eh kalau mau download game ini link nya apa yach

    BalasHapus
  4. Gw sih suka spanish soalnya gunpowder unitnya lebih cepet nembaknya, bawa cannon galleon sama bomber sedikit aj udh bisa ngehancurin pertahanan musuh, dicover pke conquistador sama missionary.

    BalasHapus
  5. Tolongin dong gan biar bisa LAN di AOE 2 HD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya game AOE 2 yang versi HD memang nggak bisa main LAN. Kalau mau main multiplayer harus ada koneksi internet.

      Hapus
  6. bang mau tanya, ada nggk link 3 versi AOE2 yg terbaru itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang legal, di situs Steam ada yang jual semuanya kok.

      Hapus
  7. Gw lebih suka persia, elit war elephant nya powerful banget, ditambah hussar dlm jumlah banyak siap hsncurin musuh terkuat sekalipun. Klo main cepat bisa pake knight/paladin

    BalasHapus
  8. yg mau main lewat gameranger add ya nick "AkanGendang" ntar kita main 1vs1

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.