Makna & Sejarah Logo Klub Newcastle United



Logo Newcastle United yang tercetak di dinding luar stadion. (Reuters / dailysabah.com)

Newcastle United, atau lengkapnya Newcastle United Football Club (NUFC) adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle Upon Tyne, Inggris. Dari segi geografis, klub yang bermarkas di stadion St. James' Park ini tergolong sebagai klub yang "terpencil" karena kota yang menjadi lokasi klub ini berada jauh di sisi utara negara bagian Inggris.

Newcastle tidak dikenal sebagai klub yang bergelimang gelar. Meskipun begitu, Newcastle tetap memiliki kesan tersendiri bagi publik sepak bola Inggris pada dekade 90-an hingga awal 2000-an. Pasalnya di klub inilah, Alan Shearer pernah menjalani karir sepak bolanya hingga pensiun di tahun 2006. Saat Shearer masih aktif bermain, Shearer dikenang sebagai salah satu penyerang terbaik Inggris pada masanya.

Newcastle juga terkenal karena klub ini pernah dilatih oleh Kevin Keegan & Bobby Robson, 2 pelatih asli Inggris yang terkenal dengan idealismenya. Pasalnya kedua pelatih tersebut selalu berusaha agar timnya tampil menyerang & menghibur di setiap kesempatan. Sampai-sampai saat masih dilatih oleh Keegan pada dekade 1990-an, Newcastle memperoleh julukan "The Entertainers" (Sang Penghibur).



MAKNA LOGO

Logo Newcastle menampilkan gambar tameng di bagian tengahnya. Tameng tersebut memiliki bidang berwarna garis-garis hitam & putih vertikal, sementara bagian tepiannya berwarna kuning. Warna-warna tersebut menunjukkan warna utama klub ini. Kebetulan dalam pertandingan-pertandingan kandangnya, Newcastle memang mengenakan seragam berwarna hitam putih.

Di sebelah kiri & kanan simbol tameng yang sama, terdapat sepasang kuda laut yang tubuhnya nampak seperti gabungan antara kuda & ikan. Simbol kuda laut tersebut nampaknya terinspirasi dari hippocampus, makhluk mitologi yang tubuh bagian depannya menyerupai kuda, sementara tubuh bagian belakangnya menyerupai ikan. Penggunaan simbol kuda laut dimaksudkan untuk menyimbolkan kota Newcastle Upon Tyne sebagai kota yang terletak tidak jauh dari laut.

Peta lokasi Newcastle Upon Tyne. (britannica.com)

Di bagian atas tameng, terdapat simbol menyerupai pion catur Benteng (Rook). Di bagian puncak pion tersebut, terdapat gambar singa kecil yang sedang memegang bendera berbentuk segitiga. Bendera tersebut bagian kanannya berwarna merah, sementara bagian kiri / pangkalnya berwarna biru dengan tambahan simbol palang berwarna merah.

Simbol bendera & singa tersebut menyimbolkan Newcastle sebagai klub yang berasal dari wilayah Inggris. Pasalnya simbol palang yang ada dalam bendera nampak serupa dengan motif Salib St. George (St. George's Cross), bendera Kerajaan Inggris yang sekarang menjadi bendera negara bagian Inggris (England). Sementara simbol singa yang wajahnya menghadap ke depan juga dapat ditemukan dalam lambang negara Inggris Raya & negara bagian Inggris.

Gambar pion & singa pada logo Newcastle.

Lambang negara Inggris Raya (United Kingdom) menampilkan gambar singa pada bagian kiri & bagian tamengnya.

Simbol pion yang ada di atas tameng aslinya merupakan versi miniatur dari Castle Keep, menara benteng yang sudah berdiri di kota NUT sejak abad ke-12. Bangunan yang sama juga menjadi asal-usul dari nama kota Newcastle (New Castle = Kastil Baru). Sementara nama "Upon Tyne" (Di Atas Tyne) diberikan karena di kota ini, terdapat sungai yang bernama Sungai Tyne.

Bangunan Castle Keep di Newcastle Upon Tyne. (chroniclelive.co.uk)

Kembali ke soal logo klub Newcastle. Di bagian bawah simbol tameng, terdapat gambar pita panjang berwarna biru dengan tulisan "Newcastle United". Nama tersebut tidak lain menunjukkan Newcastle United selaku klub pemilik logo ini.



SEJARAH LOGO

Awalnya Meminjam Logo Kota

Newcastle United pertama kali terbentuk pada tahun 1892 sebagai hasil dari peleburan 2 tim lokal, Newcastle West End & Newcastle East End. Pada awalnya, Newcastle masih belum memiliki logo klubnya sendiri. Kemudian sejak tahun 1911, Newcastle menggunakan lambang kotanya sebagai logo klub untuk menyimbolkan status Newcastle United sebagai wakil dari kota Newcastle Upon Tyne (NUT).

Meskipun Newcastle sudah menyematkan lambang kota pada seragam klubnya sejak tahun 1911, baru sejak tahun 1969 klub Newcastle mengakui lambang kota NUT sebagai lambang resmi klubnya. Sejak itulah, lambang / logo ini muncul secara teratur dalam seragam klub & selebaran yang berkaitan dengan Newcastle.

Seragam beserta logo Newcastle di tahun 1972. (Mirrorpix / chroniclelive.co.uk)

Logo pertama Newcastle memiliki banyak kemiripan dengan logo klub Newcastle yang sekarang. Sebagai contoh, kedua logo sama-sama menampilkan simbol tameng besar yang diapit oleh 2 sosok kuda berekor ikan. Masing-masing logo juga menampilkan simbol pita di bagian bawah tameng & miniatur menara benteng serta singa di bagian atas tameng.

Meskipun memiliki banyak kemiripan, logo pertama Newcastle juga tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Sebagai contoh, logo tersebut menampilkan tameng berwarna merah alih-alih hitam putih. Di bagian dalam tameng, terdapat 3 simbol Castle berwarna putih.

Lambang kota Newcastle Upon Tyne. (Ralf Hartemink / heraldry-wiki.com)

Dalam logo pertama Newcastle ini, bagian atas tameng juga menampilkan simbol tambahan berupa helai-helai menyerupai daun berwarna merah & putih. Sementara di bagian bawah tameng, tulisan yang ada dalam pita tidak menampilkan nama klub, melainkan tulisan slogan dalam bahasa Latin yang berbunyi "Fortiter Defendit Triumphans" (Berjaya Lewat Pertahanan yang Gagah Berani).

Tulisan tersebut pertama kali disisipkan pada lambang kota NUT pada abad ke-17. Tulisan yang sama diduga digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada pasukan Inggris yang berhasil melindungi kota NUT dari serangan pasukan Skotlandia saat Perang Sipil Inggris masih berlangsung. Kebetulan saat Inggris & Skotlandia masih belum menyatu, kota NUT memang difungsikan sebagai benteng pertahanan karena letak geografisnya yang berada di Inggris utara.


Bergonta-Ganti Logo Sejak Tahun 1976

Waktu berlalu, pihak klub akhirnya memutuskan kalau sudah waktunya mereka memiliki logonya sendiri. Maka, sejak tahun 1976 Newcastle pun menggunakan logo baru. Logo ini berbentuk lingkaran dengan cincin tebal berwarna hitam di bagian tepinya.

Di bagian atas logo, terdapat tulisan "Newcastle United". Sementara di bagian bawah, terdapat tulisan "Football Club". Jika tulisan-tulisan tadi dikombinasikan, didapatlah nama resmi klub ini : Newcastle United Football Club (Klub Sepak Bola Serikat Newcastle).

Logo yang digunakan Newcastle dari tahun 1976 hingga 1983.

Bagian tengah logo menampilkan burung murai Eurasia (Eurasian magpie; Pica pica) yang sedang bertengger di depan Castle. Sementara di bagian bawah burung tersebut, terdapat gambar berombak berwarna biru yang aslinya menyimbolkan Sungai Tyne, sungai yang membelah kota NUT.

Burung murai disisipkan dalam logo Newcastle karena burung murai memiliki warna bulu hitam & putih, warna khas klub ini. Itulah sebabnya Newcastle juga dikenal dengan julukan "The Magpies" (Sang Murai).

Tahun 1983, Newcastle kembali mengganti logonya. Logo ini bisa dibilang sebagai logo yang paling sederhana. Pasalnya logo ini hanya menampilkan huruf NUFC berwarna hitam yang ditata sedemikian rupa supaya nampak berbentuk bola.

Logo yang digunakan Newcastle dari tahun 1983 hingga 1988.

Huruf NUFC digunakan karena huruf-huruf tersebut merupakan singkatan dari nama resmi klub ini : Newcastle United Football Club. Di bagian bawah huruf C, terdapat gambar burung murai kecil yang menyimbolkan nama julukan klub ini.

Logo ini ternyata tidak begitu populer sehingga muncullah wacana supaya Newcastle kembali mengganti logo klubnya. Maka, pada tahun 1988 Newcastle pun meluncurkan logo baru yang tidak lain merupakan logo Newcastle sekarang ini.

Logo Newcastle United sejak tahun 1988 hingga sekarang.

Logo Newcastle yang digunakan sejak tahun 1988 mengambil elemen-elemen dari lambang kota NUT, namun dengan sejumlah perubahan supaya logo ini memiliki ciri khasnya sendiri. Pada bagian tameng logo misalnya, warna yang digunakan bukan lagi merah, melainkan hitam & putih. Kemudian di bagian bawah tameng, terdapat tulisan yang menunjukkan nama klub ini.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Newcastle United Logo".
(1000logos.net/newcastle-united-logo/)

Buckingham, M.. "No regrets for retired Shearer".
(www.skysports.com/football/news/11678/2374432/no-regrets-for-retired-shearer)

Hartemink, R..2018. "Newcastle-upon-Tyne".
(www.heraldry-wiki.com/heraldrywiki/wiki/Newcastle-upon-Tyne)

Newcastle United. "The badge".
(www.nufc.co.uk/club/history/club-crest/)

Old Newcastle. "Newcastle Castle: The Castle Keep".
(www.oldnewcastle.org.uk/castle-garth-castle-keep)
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. burung kacer bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa bukan. Soalnya kacer itu hanya ada di Asia. Sementara magpie yang dimaksud di sini itu burung asli Eropa. Dan literatur bahasa Indonesia itu rata-rata mengartikan magpie sebagai murai.

      Tapi omong-omong, terima kasih untuk informasinya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.