Makna & Sejarah Bendera Ukraina



Bendera negara Ukraina. (escp.eu)

Ukraina adalah nama dari salah satu negara terbesar di Eropa. Selama beberapa minggu terakhir, negara Eropa Timur ini mendadak menjadi pusat pemberitaan media-media internasional. Invasi yang dilakukan oleh pasukan Rusia ke wilayah Ukraina sejak akhir Februari 2022 menjadi penyebabnya.

Peristiwa invasi tersebut langsung mengundang kecaman dari Amerika Serikat & mayoritas negara Eropa. Pasalnya wilayah Ukraina berbatasan langsung dengan negara-negara Eropa. Jika intensitas perang tidak kunjung menurun, ada kekhawatiran kalau perang tersebut kemudian akan menjalar ke wilayah Eropa yang lain.

Sebagai cara untuk menunjukkan solidaritasnya terhadap Ukraina, negara-negara Eropa pun beramai-ramai memajang bendera Ukraina dalam banyak kesempatan. Sebagai contoh, para pemain di Liga Premier Inggris diminta mengenakan ban kapten yang motifnya serupa dengan bendera Ukraina. Sejumlah stadion sepak bola juga menyalakan lampu & memajang spanduk bermotif bendera Ukraina.

Bendera Ukraina sendiri menampilkan bidang berwarna biru & kuning yang tersusun secara horizontal. Jika bidang yang berwarna biru terletak di bagian atas, maka bidang yang berwarna kuning terletak di bagian bawah bendera. Dalam hal ukuran, bendera Ukraina memiliki rasio panjang & lebar 2 : 3.

Bendera Ukraina memiliki warna biru yang terletak di atas warna kuning untuk menyimbolkan hamparan padang gandum (kuning) yang terletak di bawah langit (biru). Kebetulan Ukraina memang terkenal sebagai daerah penghasil gandum & biji bunga matahari. Di masa lampau, Ukraina bahkan sampai dijuluki sebagai "keranjang rotinya Eropa" (the breadbasket of Europe).

Warna-warna dalam bendera Ukraina menyimbolkan langit & ladang gandum. (wallpaperflare.com)

Ukraina tergolong sebagai salah satu negara termuda di dunia karena negara ini baru mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1991. Sebelum menjadi negara merdeka sejak tahun tersebut, Ukraina berstatus sebagai bagian dari wilayah Uni Soviet yang sekarang sudah bubar.

Meskipun negara Ukraina modern baru ada sejak tahun 1991, bendera nasional Ukraina ternyata memiliki sejarah yang jauh lebih panjang. Pasalnya bendera yang motifnya serupa dengan bendera Ukraina sudah digunakan di wilayah cikal bakal Ukraina pada abad ke-19.



SEJARAH BENDERA

Awal Mula Bendera Berwarna Biru & Kuning

Asal-usul bendera Ukraina dapat ditelusuri sejak Abad Pertengahan, tepatnya saat wilayah cikal bakal Ukraina masih dikuasai oleh Kerajaan Polandia & Lithuania. Pada tahun 1410, pasukan Polandia & Lithuania terlibat pertempuran melawan pasukan Ordo Teutonik Jerman di Grunwald (sekarang terletak di Polandia).

Wilayah Polandia pada waktu itu juga mencakup kota Lviv yang sekarang terletak di Ukraina barat. Dalam Pertempuran Grunwald, pasukan yang berasal dari Lviv diketahui membawa panji-panji berwarna biru dengan gambar singa kuning.

Panji-panji itulah yang kelak menjadi sumber inspirasi untuk warna-warna bendera Ukraina. Lviv diketahui sudah menggunakan bendera biru dengan gambar singa kuning sebagai lambang daerahnya sejak abad ke-13.

Bendera Lviv dalam Pertempuran Grunwald. (Alex Tora / wikipedia.org)

Tahun 1848, timbul gelombang revolusi anti-monarki di negara-negara monarki Eropa. Fenomena serupa juga turut terjadi di kota Lviv yang pada waktu itu sedang berada di bawah kendali Kekaisaran Austria-Hongaria.

Pada bulan Oktober 1848, penduduk kota Lviv mengibarkan bendera bermotif biru-kuning. Sesudah itu, penggunaan bendera tersebut menjalar ke wilayah-wilayah lain di Ukraina barat. Kendati wilayah Ukraina barat sesudah itu tetap berada di bawah kendali Austria-Hongaria, peristiwa tadi menandai lahirnya bendera biru-kuning sebagai identitas khas penduduk Ukraina.


Menjadi Bendera Negara Ukraina Merdeka

Tahun 1914, terjadi Perang Dunia I di mana Austria-Hongaria & Rusia ikut terlibat dalam perang tersebut sebagai musuh. Saat perang terjadi, wilayah Ukraina barat sedang dikuasai oleh Austria-Hongaria, sementara wilayah Ukraina timur berada di bawah kendali Rusia.

Bulan Februari 1917, terjadi peristiwa revolusi di ibukota Rusia. Akibat revolusi tersebut, Kekaisaran Rusia mengalami keruntuhan & berubah menjadi negara bersistem republik. Memasuki bulan November (Oktober kalau menurut kalender Rusia), Rusia berubah menjadi republik komunis menyusul kudeta yang dilakukan oleh kelompok komunis Bolshevik.

Karena wilayah Ukraina tidak mau berada di bawah kendali Bolshevik, kelompok nasionalis Ukraina memproklamasikan berdirinya negara Ukraina merdeka pada tanggal 20 November 1917 di kota Kiev. Memasuki bulan Maret 1918, pemerintah Ukraina menetapkan kalau bendera nasional Ukraina adalah bendera berwarna kuning-biru.

Bendera Ukraina di tahun 1918. (Jaume Olle / crwflags.com)

Bulan April 1918, terjadi kudeta di Ukraina. Usai kudeta, Pavlo Skoropadsky naik menjadi pemimpin / hetman baru Ukraina. Di masa pemerintahan Pavlo inilah, bendera Ukraina yang awalnya bermotif kuning-biru komposisi warnanya dibalik hingga menjadi biru-kuning seperti sekarang.


Bendera Ukraina di Era Uni Soviet

Tahun 1919, negara Ukraina merdeka mengalami keruntuhan usai dicaplok oleh Rusia. Saat Rusia berubah menjadi Uni Soviet pada tahun 1922, Ukraina menjadi 1 dari sekian banyak negara bagian penyusun wilayah Uni Soviet. Selama berada di bawah kekuasaan Uni Soviet, bendera biru-kuning Ukraina sempat menghilang selama beberapa lama.

Karena Uni Soviet merupakan negara komunis, bendera negara bagian Ukraina pun menggunakan elemen-elemen berbau komunis. Awalnya, Ukraina menggunakan bendera berwarna merah dengan tulisan "YCCP" berwarna kuning di bagian pojok kiri atas.

Bendera negara bagian Ukraina di tahun-tahun awal berdirinya Uni Soviet. (Alex:D / wikipedia.org)

Tulisan "YCCP" merupakan singkatan dari "Украи́нская Сове́тская Социалисти́ческая Респу́блика" (Ukraínskaya Sovétskaya Sotsialistícheskaya Respúblika; Republik Sosialis Soviet Ukraina). Nama tersebut merupakan nama resmi dari negara bagian Ukraina di era Uni Soviet.

Warna merah & kuning digunakan dalam bendera negara bagian Ukraina karena kedua warna tersebut juga dapat dijumpai dalam bendera Uni Soviet. Dalam bendera Uni Soviet sendiri, warna merah menyimbolkan darah para pejuang revolusi, sementara warna kuning menyimbolkan cahaya matahari.

Bendera negara bagian Ukraina sejak tahun 1949. (Thespoondragon / wikipedia.org)

Tahun 1949, negara bagian Ukraina menggunakan bendera dengan motif baru. Bendera Ukraina sejak tahun tersebut menampilkan warna merah di 2/3 bagian atas & biru muda di 1/3 bagian bawah. Kemudian di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat gambar palu, arit, & bintang yang berwarna kuning.

Gambar palu, arit, & bintang diambil dari bendera Uni Soviet. Palu menyimbolkan perjuangan kaum buruh. Arit / sabit menyimbolkan perjuangan kaum petani. Bintang bersudut 5 menyimbolkan persatuan antara 5 benua & harapan supaya komunisme bisa menjadi ideologi yang menyebar ke seluruh dunia.

Warna biru pada bagian bawah bendera menyimbolkan keagungan & keindahan rakyat Ukraina. Warna biru juga digunakan karena bendera berwarna biru & kuning pernah digunakan oleh Bohdan Khmelnitsky saat memimpin pemberontakan kaum Cossack di wilayah Ukraina (saat itu masih dikuasai oleh Polandia-Lithuania) pada abad ke-17.

Bendera Cossack Ukraina. (Alex Tora / wikipedia.org)

Tahun 1991, Uni Soviet mengalami keruntuhan. Pasca runtuhnya Uni Soviet, Ukraina kembali mengadopsi warna biru-kuning sebagai warna bendera nasionalnya. Sejak itu, bendera Ukraina tidak pernah lagi mengalami perubahan hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Bellsham, P.. 2022. "English football’s messages of support to Ukraine – in pictures".
(www.theguardian.com/world/gallery/2022/mar/05/english-football-ukraine-support-premier-league-in-pictures)

I. Stebelsky & L.A. Hajda. 2008. "Ukraine". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Kavanagh, T.. 2022. "War in Ukraine: Crisis is unleashing 'hell on earth' for food prices".
(www.bbc.com/news/business-60653856)

Kuksa, V.V.. "The history of the formation and adoption of the state flag of Ukraine. To the 20th anniversary of Ukraine's independence".
(kpi.ua/en/flag)

R. Raeside, dkk.. "Soviet Union".
(www.crwflags.com/fotw/flags/su.html)

R. Raeside, dkk.. "Ukraine".
(www.fotw.info/flags/ua.html)

R. Raeside, dkk.. "Ukraine - Historical Flags (1917-1918)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/ua_1918.html)

Reuters. 2022. "Atletico Madrid's stadium lights up in Ukrainian flag".
(sg.news.yahoo.com/atletico-madrids-stadium-lights-ukrainian-121618719.html)

Russian Center of Vexillologia and Heraldry. 2018. "Флаги Советской Украины".
(www-vexillographia-ru.translate.goog/ukraine/UkSSR.htm?_x_tr_sch=http&_x_tr_sl=ru&_x_tr_tl=en&_x_tr_hl=en&_x_tr_pto=wapp)

Smith, W.. 2008. "Ukraine, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wikipedia. "Cossack Hetmanate".
(en.wikipedia.org/wiki/Cossack_Hetmanate)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.