Makna Bendera Negara-Negara Semenanjung Italia



Peta negara-negara di Semenanjung Italia. (Mr. Mora / slideplayer.com)

Semenanjung Italia (Italian Peninsula) adalah nama dari sebuah semenanjung besar yang terletak di bagian selatan Benua Eropa. Jika dilihat pada peta, Semenanjung Italia nampak memiliki bentuk yang khas karena semenanjung ini bentuknya menyerupai sepatu hak tinggi yang mengarah ke kiri.

Semenanjung Italia memiliki peran yang amat penting dalam perjalanan sejarah dunia, khususnya Eropa. Pasalnya dari semenanjung inilah, terdapat negara Romawi Kuno yang pernah menguasai 3 benua. Kemudian di era modern, Italia selaku negara terbesar di semenanjung ini kembali menarik perhatian dunia karena Italia sempat melibatkan diri dalam 2 Perang Dunia sekaligus.

Jika bicara soal Semenanjung Italia, tidak sedikit orang awam yang mengira kalau semenanjung tersebut hanya ditempati oleh 1 negara : Italia. Padahal selain Italia, masih ada negara-negara kecil yang juga menempati kawasan semenanjung tersebut. Berikut ini adalah negara-negara yang dimaksud, beserta makna bendera yang diusung oleh masing-masing negara.



ITALIA

Bendera Italia.

Negara terbesar di Semenanjung Italia yang juga menjadi cikal bakal munculnya peradaban Romawi Kuno. Bendera Italia menampilkan bidang berwarna hijau-putih-merah yang tersusun secara vertikal. Ada beberapa versi mengenai makna dari warna-warna dalam bendera Italia. Dari sudut pandang agama Katolik (agama mayoritas penduduk Italia), warna-warna tersebut menyimbolkan keimanan, harapan, & kebajikan.

Kalau menurut pidato Giosue Carducci di tahun 1897, warna merah menyimbolkan semangat & darah para pahlawan, warna putih menyimbolkan kebijaksanaan, sementara warna hijau menyimbolkan semangat untuk memperjuangkan harapan.

Bendera dengan warna & komposisi demikian pertama kali digunakan di Italia pada tahun 1797. Tepatnya oleh Republik Cisalpine, negara bawahan Perancis yang didirikan di Italia utara pasca invasi pasukan Perancis ke wilayah tersebut.

Atas sebab itulah, bendera Cisalpine & Perancis memiliki kemiripan desain karena sama-sama menampilkan motif 3 warna yang tersusun secara vertikal. Bedanya adalah bendera Perancis menampilkan warna biru-putih-merah. Ketika Cisalpine akhirnya dibubarkan, desain bendera yang mereka gunakan kelak diadopsi oleh negara-negara lain di Semenanjung Italia.



MALTA

Bendera Malta.

Negara kepulauan kecil yang terletak di seberang selatan Semenanjung Italia. Bendera Malta menampilkan bidang berwarna putih & merah yang tersusun secara vertikal. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat simbol palang.

Tidak diketahui apa makna dari warna merah & putih, selain fakta bahwa kedua warna tersebut pernah digunakan sebagai dalam bendera Ordo Ksatria Hospitaller, kelompok militer dari masa Perang Salib yang menjadikan Malta sebagai markas barunya setelah Yerusalem ditaklukkan oleh pasukan Muslim pada abad ke-12.

Menurut teori versi lain, warna merah & putih mungkin berasal dari lambang keluarga Hauteville / Altavilla yang menampilkan motif kotak papan catur berwarna merah & putih. Keluarga Hauteville adalah keluarga bangsawan dari suku bangsa Norman yang sudah menetap di Italia selatan sejak abad ke-11.

Simbol palang pertama kali muncul dalam bendera Malta pada tahun 1943. Simbol palang tersebut aslinya adalah Salib Santo Georgius (St. Geoge's Cross), simbol yang juga dapat ditemukan pada bendera Inggris Raya (United Kingdom) & Inggris (England). Kebetulan hingga tahun 1964, Malta memang berstatus sebagai wilayah bawahan Inggris.



SAN MARINO

Bendera San Marino.

Negara terkecil ke-5 di dunia yang terletak di wilayah utara Semenanjung Italia. Bendera San Marino menampilkan motif putih-biru muda yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengahnya, terdapat simbol berbentuk lonjong yang aslinya merupakan lambang negara San Marino.

Warna putih menyimbolkan perdamaian, sementara warna biru muda menyimbolkan kebebasan. Pada lambang negara San Marino, terdapat gambar mahkota di bagian atas sebagai simbol kedaulatan. Penggunaan simbol mahkota terbilang menarik karena San Marino aslinya bukanlah negara kerajaan, melainkan republik.

Di bagian tengah lambang negara, terdapat gambar 3 menara putih di mana gambar tersebut menyimbolkan Menara Guaita, Chesta, & Montale. Tiga menara yang berlokasi di puncak Monte Titano, gunung tertinggi di San Marino.

Di bagian kiri & kanan, berturut-turut terdapat gambar daun salam & oak sebagai penyimbolan kejayaan & kekuatan militer. Bagian bawah lambang negara San Marino menampilkan tulisan "Libertas" (Kebebasan) yang tidak lain menyimbolkan status San Marino sebagai negara merdeka.



VATIKAN

Bendera Vatikan.

Negara terkecil di dunia sekaligus pusat agama Katolik dunia yang terletak di tengah-tengah kota Roma, ibukota negara Italia. Bendera Vatikan menampilkan bidang berwarna kuning-putih yang tersusun secara vertikal.

Di bagian kanan bendera, terdapat simbol tiara (semacam mahkota kecil) serta sepasang anak kunci berwarna kuning & putih  yang saling bersilangan. Simbol yang sama juga digunakan sebagai lambang negara Vatikan. Bendera Vatikan terbilang unik karena tidak berbentuk persegi panjang, melainkan persegi yang keempat sisinya sama panjang.

Tiara menyimbolkan kedaulatan yang dimiliki oleh Paus. Anak kunci yang berwarna kuning / emas menyimbolkan Kerajaan Surga dalam kepercayaan agama Kristen, sementara anak kunci yang berwarna perak / putih menyimbolkan wewenang Paus di dunia.

Kedua anak kunci tersebut dibuat dengan bagian ujung yang mengarah ke atas sebagai perlambangan kalau mereka yang ada di dunia menjadikan surga sebagai tujuannya. Kedua simbol anak kunci ditempatkan dalam posisi yang bersilangan untuk menyimbolkan ikatan antara Paus dengan Kerajaan Surga.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Badia, P.. "History and meaning of the Italian Tricolour flag".
(www.italyheritage.com/magazine/articles/history/tricolore-storia.htm)

R. Raeside, dkk.. "Malta".
(www.crwflags.com/fotw/flags/mt.html)

R. Raeside, dkk.. "San Marino".
(www.crwflags.com/fotw/flags/sm.html)

Repubblica di San Marino. "Coat of arms and Flag".
(sanmarino.sm/on-line/en/home/san-marino/coat-of-arms-and-flag.html)

Vatican. "State of Vatican City Flag, Coat of Arms and Seal".
(www.vatican.va/news_services/press/documentazione/documents/sp_ss_scv/insigne/sp_ss_scv_stemma-bandiera-sigillo_en.html)

Wikipedia. "Three Towers of San Marino".
(en.wikipedia.org/w/index.php?title=Three_Towers_of_San_Marino&oldid=869005461)
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.