FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Eropa Utara




Peta Eropa Utara.

Eropa Utara adalah sebutan untuk daerah Eropa yang terletak paling utara. Sebagai akibat dari letak geografisnya, daerah Eropa Utara terkenal sebagai daerah beriklim dingin. Di sisi lain, Eropa Utara juga terkenal sebagai salah satu daerah termakmur di dunia berkat kekayaan alamnya yang melimpah & pengelolaan ekonominya yang efisien. Ada 5 negara merdeka yang terletak di tanah asal Bangsa Viking tersebut, yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, & Islandia. Selain kelima negara tadi, ada pula Greenland & Kepulauan Faroe yang berstatus sebagai daerah bawahan Denmark dengan kemandirian memerintah yang cukup luas.

Semua negara merdeka Eropa Utara menggunakan motif salib horizontal pada benderanya, di mana motif salib tersebut dikenal sebagai "Salib Skandinavia" (Skandinavia adalah nama dari semenanjung besar di Eropa Utara yang bentuknya menyerupai kepala ular). Denmark merupakan negara pertama yang menggunakan simbol Salib Skandinavia pada benderanya. Ketika Denmark berhasil memperluas pengaruhnya ke seluruh Eropa Utara melalui jalur militer & persekutuan diplomatik, simbol Salib Skandinavia kemudian turut diadopsi oleh daerah-daerah Eropa Utara yang lain dengan modifikasinya masing-masing. Nah, artikel kali ini akan membahas makna spesifik dari bendera masing-masing negara.



DENMARK

Negara Eropa Utara yang menjadi lokasi dari Lego, salah satu perusahaan mainan balok terbesar di dunia. Bendera Denmark menampilkan warna latar belakang merah dengan motif salib putih horizontal. Motif salib jelas menyimbolkan agama Kristen, agama mayoritas penduduk Denmark. Warna merah menyimbolkan pertempuran, sementara warna putih menyimbolkan misi suci dalam pertempuran untuk menyebarkan agama Kristen.

Bendera Denmark dengan motif seperti yang kita kenal sekarang mulai digunakan pada masa pemerintahan Raja Valdemar III di awal abad ke-13. Menurut mitos, ketika pasukan Denmark yang beragama Kristen terlibat pertempuran melawan pasukan pagan di Estonia pada tahun 1219, sebuah bendera merah bermotif salib putih jatuh dari langit. Pasukan Denmark lantas menganggap peristiwa tersebut sebagai pertanda kalau Tuhan mendukung perjuangan mereka, sehingga mereka pun jadi makin bersemangat & akhirnya berhasil memenangkan pertempuran.



FINLANDIA

Negara Eropa Utara yang terletak paling timur. Bendera Finlandia menampilkan warna latar belakang putih dengan motif salib biru horizontal. Motif salib jelas menyimbolkan agama Kristen, agama mayoritas penduduk Finlandia. Warna putih menyimbolkan salju, sementara warna biru menyimbolkan danau mengingat Finlandia memang memiliki banyak danau kecil. Bendera Finlandia dengan motif demikian pertama kali diadopsi pada tahun 1918, tahun di mana Finlandia berhasil memerdekakan diri dari Kekaisaran Rusia yang sudah menguasai Finlandia selama berabad-abad.



GREENLAND

Daerah bawahan Denmark yang juga merupakan pulau terbesar di dunia. Bendera Greenland menampilkan warna putih & merah yang tersusun horizontal, dengan tambahan simbol lingkaran berwarna merah & putih di bagian tengah dengan posisi agak menyerong ke kiri. Warna latar belakang putih menyimbolkan tudung es, sementara warna latar belakang merah menyimbolkan fyord (semacam teluk sempit yang menjorok jauh ke dalam daratan). Warna putih pada lingkaran menyimbolkan gunung es, sementara warna merah dalam lingkaran yang sama menyimbolkan samudera. Lingkaran berwarna merah & putih juga dianggap menyimbolkan matahari terbit & terbenam.



ISLANDIA

Negara Eropa Utara yang terkenal dengan gunung-gunung berapi aktifnya. Bendera Islandia menampilkan warna latar belakang biru dengan motif salib merah horizontal & tepian berwarna putih. Motif salib menyimbolkan Kristen sebagai agama mayoritas penduduk Islandia, di mana motif salib yang sama menggunakan warna merah karena Islandia di masa silam merupakan daerah bawahan Denmark. Sementara warna putih & biru digunakan karena warna tersebut merupakan warna yang lazim digunakan pada pakaian tradisional penduduk Islandia.



KEPULAUAN FAROE

Kepulauan merangkap daerah bawahan Denmark yang berlokasi di sebelah utara Skotlandia, Inggris Raya. Bendera Kep. Faroe menampilkan warna latar belakang putih dengan motif salib merah horizontal dengan tepian berwarna biru. Motif salib menyimbolkan Kristen sebagai agama mayoritas rakyat Kep. Faroe. Warna merah & biru merupakan warna khas rakyat Kep. Faroe karena warna-warna tersebut digunakan dalam topi tradisional rakyat Kep. Faroe. Sementara warna putih digunakan untuk menyimbolkan langit yang bersih & buih yang terbentuk ketika ombak laut menerpa pantai Kep. Faroe.



NORWEGIA

Negara berdaulat Eropa Utara yang terletak paling utara. Bendera Norwegia menampilkan warna latar belakang merah dengan motif salib horizontal biru & tepian berwarna putih. Motif salib menyimbolkan Kristen sebagai agama mayoritas penduduk Norwegia. Warna merah & putih diambil dari motif bendera Kerajaan Denmark, sementara warna biru diambil dari motif bendera Kerajaan Swedia. Sekedar info, pada abad ke-14 hingga ke-16, Swedia, Norwegia, & Denmark pernah menjadi 1 negara dengan nama "Serikat Kalmar" (Kalmar Union; Kalmarunionen).



SWEDIA

Negara Eropa Utara sekaligus negara terbesar di Semenanjung Skandinavia. Bendera Swedia menampilkan warna latar belakang biru dengan motif salib horizontal berwarna kuning. Motif salib menyimbolkan Kristen sebagai agama mayoritas penduduk Swedia. Tidak diketahui makna spesifik mengenai warna kuning & biru dalam bendera Swedia, selain fakta bahwa sejak abad ke-14 Swedia menggunakan simbol perisai biru dengan gambar singa berwarna kuning sebagai lambang dinastinya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Flags of the World - Faroe Islands
Flags of the World - Greenland (Denmark)
Smith, W.. 2008. "Denmark, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Finland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Iceland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Sweden, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. Gan kapan" boleh g ngebahas tentang suku Uighur?

    BalasHapus
  2. Sekedar tambahan untuk bendera Icelandnya, saya pernah baca sebuah artikel mengenai Iceland kalo warna merah pada bendera Iceland melambangkan gunung berapi, biru melambangkan laut dan putih melambangkan salju. Btw, nice post. I like it.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.