1 September 2019


Makna Bendera Negara-Negara Afrika Tengah



Peta negara-negara Afrika Tengah. (Sumber)

Afrika adalah nama dari benua yang terletak di antara Samudera Atlantik & Hindia. Benua yang bentuknya menyerupai kepala gajah ini terdiri dari begitu banyak negara. Sebagai cara untuk menunjukkan ciri khas & identitasnya, masing-masing negara yang terletak di Afrika pun memiliki bendera nasionalnya sendiri-sendiri. Hal tersebut juga berlaku untuk negara-negara yang menempati Afrika Tengah, suatu kawasan yang secara geografis memang terletak di bagian tengah Benua Afrika.

Sesuai dengan judul artikelnya, tulisan kali ini bakal membahas soal makna bendera yang digunakan oleh negara-negara di Afrika Tengah. Untuk artikel ini sendiri, pihak Republik akan mendefinisikan Afrika Tengah sebagai kawasan yang membentang mulai dari Chad di sebelah utara, hingga Republik Demokratik Kongo di sebelah selatan & timur, serta hingga kepulauan Sao Tome & Principe di sebelah barat.



CHAD

Negara Afrika Tengah yang tidak memiliki laut, namun wilayahnya diapit oleh 6 negara berbeda. Bendera Chad menampilkan bidang berwarna biru-kuning-merah yang tersusun secara vertikal. Di kalangan pemerhati bendera dunia, bendera Chad juga terkenal karena desainnya yang sangat mirip dengan bendera Rumania sejak tahun 1989. Sebelum itu, Rumania menggunakan bendera yang desainnya serupa dengan bendera nasionalnya yang sekarang, namun dengan tambahan lambang negara komunis Rumania di tengah-tengahnya.

Kembali ke soal bendera Chad. Warna biru yang ada pada bendera Chad menyimpolkan langit, harapan, pertanian, & wilayah selatan Chad yang lebih subur jika dibandingkan dengan wilayah Chad bagian utara. Warna kuning menyimbolkan matahari & gurun pasir yang mendominasi wilayah utara Chad. Sementara warna merah menyimbolkan kemajuan, persatuan, & pengorbanan rakyat Chad.



GABON

Negara Afrika Tengah yang tanggal & bulan kemerdekaannya sama dengan tanggal kemerdekaan Indonesia (17 Agustus). Bendera Gabon menampilkan bidang berwarna hijau-kuning-biru yang tersusun secara horizontal. Desain bendera Gabon secara singkat menyimbolkan kondisi geografis negara yang bersangkutan. Warna hijau menyimbolkan hutan yang ada di wilayah Gabon. Warna kuning menyimbolkan matahari & garis khatulistiwa. Sementara warna biru menyimbolkan Samudera Atlantik yang terletak di sebelah barat Gabon.



GUINEA KHATULISTIWA

Negara Afrika Tengah yang memiliki wilayah di daratan Benua Afrika, namun ibukotanya terletak di sebuah pulau kecil. Bendera Guinea Khatulistiwa (GK) menampilkan bidang berwarna hijau-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Di sisi kiri bendera, terdapat bidang berbentuk segitiga sama kaki yang berwarna biru. Di tengah-tengah bidang berwarna putih, terdapat semacam simbol tameng yang aslinya merupakan lambang negara GK.

Warna hijau menyimbolkan kekayaan alam yang dikandung oleh GK. Putih menyimbolkan perdamaian. Merah menyimbolkan perjuangan rakyat GK untuk memperoleh kemerdekaan. Segitiga biru menyimbolkan lautan yang memisahkan sekaligus menyatukan wilayah-wilayah GK. Mengenai lambang negara GK itu sendiri, simbol 6 bintang kuning di atas tameng menyimbolkan 6 daerah utama yang menyusun wilayah GK : Pulau Bioko / Fernando Poo, Pulau Annobon, Pulau Elobey Grande, Pulau Elobey Chico, Pulau Corisco, & Rio Muni (wilayah GK yang berada di daratan Benua Afrika).

Di dalam simbol tameng, terdapat gambar pohon yang aslinya menyimbolkan pohon kapuk. Pohon tersebut disertakan dalam lambang negara GK karena menurut cerita, traktat pertama antara Spanyol - negara bekas penjajah GK - dengan penguasa lokal di wilayah cikal bakal GK dilakukan di bawah pohon kapuk. Simbol pita berwarna putih di bawah tameng menampilkan semboyan negara GK dalam wujud tulisan "Unidad, Paz, Justicia" (Persatuan, Perdamaian, Keadilan).



KAMERUN

Negara Afrika Tengah yang bertetangga dengan Nigeria di sebelah barat. Bendera Kamerun menampilkan bidang berwarna hijau-merah-kuning yang tersusun secara vertikal. Di bagian tengah bidang yang berwarna merah, terdapat simbol bintang kuning bersudut 5. Warna hijau menyimbolkan harapan & tanah Kamerun bagian selatan yang penuh dengan hutan. Merah menyimbolkan persatuan & kemerdekaan. Warna kuning menyimbolkan kawasan padang rumput di sebelah utara serta cahaya matahari yang memberikan kemakmuran & kegembiraan bagi rakyat Kamerun. Sementara simbol bintang melambangkan rakyat Kamerun yang komposisinya beragam, tapi tetap bersatu.



KONGO, REPUBLIK

Negara Afrika Tengah yang berbatasan dengan Sungai Kongo di sebelah timur. Bendera Kongo menampilkan bidang berwarna hijau-kuning-merah yang tersusun secara vertikal & diagonal. Warna hijau menyimbolkan lahan pertanian & hutan di wilayah Kongo. Warna kuning menyimbolkan persatuan rakyat Kongo. Sementara warna merah menyimbolkan darah para pejuang Kongo yang tertumpah demi mendapatkan kemerdekaan negaranya.



KONGO, REPUBLIK DEMOKRATIK

Negara terbesar kedua di Benua Afrika sesudah Aljazair. Bendera Republik Demokratik (RD) Kongo menampilkan latar belakang berwarna biru dengan gambar bintang kuning bersudut 5 di pojok kiri atasnya. Di bagian tengah bendera, terdapat bidang menyerupai sabuk yang membentang secara diagonal mulai dari pojok kiri bawah hingga pojok kanan atas bendera. Bidang sabuk tersebut memiliki warna merah dengan tepian yang berwarna kuning.

Warna latar belakang biru menyimbolkan perdamaian, sementara simbol bintang kuning melambangkan harapan akan masa depan yang lebih cerah. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang yang gugur, sementara warna kuning menyimbolkan tanah RD Kongo yang kaya akan sumber daya alam. Dengan melihat posisi warna merah yang diapit oleh warna kuning, kita juga bisa mendapatkan makna alternatif kalau penduduk RD Kongo mengorbankan hidupnya demi kekayaan alam tanah airnya & harapan akan kehidupan yang lebih sejahtera.



REPUBLIK AFRIKA TENGAH

Negara yang sesuai namanya memang terletak di tengah-tengah Benua Afrika, tepatnya di sebelah utara RD Kongo. Bendera Republik Afrika Tengah (RAT) menampilkan bidang berwarna biru, putih, hijau, & kuning yang tersusun secara horizontal. Di sisi tengah bendera, terdapat bidang persegi panjang berwarna merah yang posisinya vertikal / tegak. Sementara di bagian kiri bidang berwarna biru, terdapat simbol bintang kuning bersudut 5.

Bidang persegi panjang horizontal yang ada dalam bendera RAT berjumlah 4 untuk menyimbolkan 4 daerah utama yang menyusun Perancis Afrika Khatulistiwa, sebutan untuk koloni Perancis yang terletak di Afrika Tengah. Keempat daerah tersebut adalah Chad Perancis (kelak merdeka sebagai Chad), Kongo Perancis (kelak merdeka sebagai Republik Kongo), Gabon Perancis (kelak merdeka sebagai Gabon), serta Ubangi-Shari (kelak merdeka sebagai RAT).

Warna biru terinspirasi dari warna langit yang pada gilirannya menyimbolkan kemegahan, ketenangan, & kebebasan. Warna putih menyimbolkan kemurnian, kejujuran, & kesetaraan. Warna hijau menyimbolkan harapan & kepercayaan. Warna kuning menyimbolkan toleransi & sikap ramah tamah. Bidang tegak berwarna merah menyimbolkan darah rakyat RAF yang siap membela negaranya. Sementara bintang kuning menyimbolkan kemerdekaan & masa depan cerah.



SAO TOME & PRINCIPE

Negara kepulauan kecil yang terletak di sebelah barat gabon & Guinea Khatulistiwa. Bendera Sao Tome & Principe (STP) menampilkan bidang berwarna hijau-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal, di mana bidang berwarna kuning berukuran lebih lebar dibandingkan 2 bidang yang berwarna hijau. Di bagian tengah & kanan bidang kuning tersebut, terdapat 2 simbol bintang bersudut 5 yang berwarna hitam. Sementara di sisi kiri bendera, terdapat bidang segitiga berwarna merah.

Menurut Encyclopaedia Britannica, warna kuning & hijau pada bendera STP menyimbolkan sinar matahari tropis yang menyinari lahan subur STP. Simbol 2 bintang hitam menyimbolkan orang-orang Afrika yang tinggal di Pulau Sao Tome & Pulau Principe, 2 pulau terbesar di negara tersebut. Bidang segitiga merah menyimbolkan kesetaraan & kemerdekaan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Cameroon Today - Cameroon Flag : Description and Meaning
CRW Flags - Chad
Embassy of the Republic of Congo - National Symbols....
Flags of the World - Central African Republic
Flags of the World - Democratic Republic of Congo
Flags of the World - Equatorial Guinea
Flags of the World - Gabon
Smith, W.. 2008. "Sao Tome and Principe, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.