Panda Merah, Sang Pengunyah Bambu dari Himalaya



(Sumber)

Mendengar nama panda, maka pengunjung mungkin bakal membayangkan hewan mirip beruang yang berasal dari Cina & bulunya berwarna hitam putih. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk panda merah (red panda; Ailurus fulgens). Pasalnya alih-alih mirip beruang, panda merah lebih nampak seperti rakun atau musang. Kemudian jika panda memiliki bulu berwarna hitam putih, panda merah - sesuai namanya - memiliki tubuh berwarna dominan merah.

Sebutan "panda" diberikan pada panda merah karena baik panda maupun panda merah sama-sama gemar memakan bambu. Panda merah juga memiliki wajah berwarna putih dengan motif berwarna hitam di bagian matanya. Selebihnya, panda merah dapat dikenali dengan melihat tubuhnya yang memanjang, keempat kakinya yang berwarna hitam, ekornya yang tebal, & adanya motif menyerupai cincin berwarna gelap di ekornya.

Tidak seperti panda yang habitat liatnya hanya terbatas di hutan bambu Cina, panda merah memiliki persebaran habitat yang lebih luas karena mereka juga dapat ditemukan di negara-negara selain Cina. Habitat utama panda merah adalah kawasan hutan di Pegunungan Himalaya yang termasuk dalam wilayan India utara, Nepal, Bhutan, Myanmar, Laos, & Cina selatan. Hewan ini dapat ditemukan di ketinggian antara 2.200 hingga 4.800 meter di atas permukaan laut.

Panda merah yang sedang memakan bambu. (Sumber)

Panda merah adalah hewan soliter (penyendiri) yang aktif pada siang maupun malam hari. Berkat ekor panjang yang dimilikinya, panda merah bisa memanjat tebing & pohon dengan amat luwes. Ketika sedang tidak makan, panda merah akan menghabiskan waktunya dengan beristirahat di atas pohon. Jika ingin membersihkan diri, panda merah akan menjilati anggota badannya sendiri atau menggosok-gosokkan badannya pada benda keras.

Di habitat liarnya, macan tutul salju menjadi hewan predator utama panda merah. Supaya aman dari terkaman musuhnya, panda merah memanfaatkan gerakannya yang lincah & kemampuannya untuk memanjat pohon tinggi. Jika tertangkap, panda merah masih bisa melawan dengan cara mencakar. Saat musuhnya merasa terkejut usai diserang oleh panda merah, panda merah kemudian memanfaatkan momen tersebut untuk bergegas melarikan diri ke tempat yang aman.



PERILAKU MAKAN & REPRODUKSI

Sudah disinggung di paragraf 2 kalau panda merah adalah hewan yang memakan bambu. Sebanyak 95 persen makanan yang dikonsumsi oleh panda merah terdiri dari bambu, khususnya bagian daun. Saat memakan bambu, panda merah bisa menggunakan kaki depannya layaknya tangan untuk memegang pucuk bambu. Adapun selain bambu, panda merah juga mau memakan telur burung, serangga, rumput, dedaunan, bunga, & buah beri.

Musim kawin panda merah terjadi pada awal musim dingin waktu setempat. Tujuannya adalah supaya betina melahirkan anaknya tepat saat datangnya musim semi / musim panas. Saat musim kawin tiba, panda merah menjadi lebih sering berinteraksi dengan individu panda merah lainnya. Baik panda merah jantan maupun betina sama-sama bisa melakukan perkawinan dengan beberapa lawan jenis sekaligus.

Sesudah melakukan perkawinan, betina kemudian akan memasuki  mamsa kehamilan selama 134 hari (sekitar 4,5 bulan). Jumlah rata-rata bayi yang dikandung oleh betina adalah sekitar 2 ekor. Saat betina merasa kalau bayinya sebentar lagi akan lahir, betina akan mencari tempat semisal lubang pohon atau cekungan batu untuk dijadikan tempat melahirkan. Sejak beberapa hari sebelum melahirkan, betina akan mengumpulkan potongan kayu & daun untuk membuat sarang di tempat yang sudah dipilihnya.

Bayi panda merah. (Sumber)

Bayi panda merah lahir pada musim semi atau panas waktu setempat. Bulan Juni menjadi waktu di mana bayi panda merah memiliki tingkat kelahiran tinggi. Pada awalnya induk panda merah menghabiskan hampir seluruh waktunya di samping bayinya untuk membersihkan & menyusui anak-anaknya. Namun sekitar 1 minggu sesudah bayinya lahir, induk panda merah akan menghabiskan waktu lebih banyak di luar sarang & kembali ke sarang setiap beberapa jam sekali.

Anak panda merah akan pergi meninggalkan induknya untuk hidup mandiri pada usia 3 bulan. Kemudian memasuki usia 1,5 tahun, panda merah akan mengalami kematangan seksual. Seekor panda merah memiliki usia maksimum 14 tahun. Panda merah memiliki panjang maksimum 62 cm (termasuk ekor yang panjang maksimumnya mencapai 47 cm) & berat maksimum 6,2 kilogram.



PANDA MERAH & MANUSIA

Berkat penampilannya yang terkesan lucu & mudah dibedakan dari hewan lainnya, manusia sudah lama menaruh ketertarikan tersendiri terhadap panda merah. Pengembang browser internet Mozilla mengaku kalau alasan mereka memilih nama "Firefox" (rubah api) adalah karena mereka terinspirasi dari panda merah. Pasalnya panda merah juga dikenal dengan nama julukan "rubah api".

Di India, negara bagian Sikkim menetapkan panda merah sebagai hewan khas negara bagiannya. Komunitas teh internasional di Darjeeling, India, juga memilih panda merah sebagai maskot organisasinya. Kalau di ranah hiburan, panda merah juga muncul di serial animasi "Avatar : The Legend of Korra". Di serial animasi tersebut, karakter Bolin diceritakan memelihara panda merah bernama Pabu.

Pabu, hewan panda merah di serial animasi "The Legend of Korra".

Kekaguman manusia akan panda merah di lain pihak juga menjadi penyebab mengapa hewan ini banyak dicari & dibunuh. Panda merah banyak diburu oleh penduduk setempat untuk diambil kulit & ekornya. Kulit panda merah bisa diolah menjadi topi & pakaian tradisional pengantin, sementara bulu ekornya bisa digunakan sebagai sapu bulu ayam / kemoceng. Selain untuk dibunuh, panda merah juga kerap ditangkap dalam kondisi hidup-hidup supaya bisa dijual ke kebun binatang & kolektor hewan eksotis.

Ancaman lain bagi panda merah datang dalam wujud pengrusakan habitat oleh manusia. Akibat semakin banyaknya hutan & bambu yang menghilang, populasi panda merah di alam liar semakin menurun. Mereka bahkan kini dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah (endangered).

Supaya hewan ini tidak sampai punah, pemerintah Cina & negara-negara tetangganya sudah menetapkan sejumlah lokasi habitat panda merah sebagai hutan lindung. Namun upaya untuk menjaga kelestarian panda merah masih terkendala oleh fakta bahwa aktivitas perburuan & perdagangan ilegal panda merah masih tetap berlangsung.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Famili : Ailuridae
Genus : Ailurus
Spesies : Ailurus fulgens



REFERENSI

Animal Diversity Web - Ailurus fulgens : Information
Animal Info - Red Panda
Mozilla - Brand Name Frequently Asked Questions
SDZG Library - Red Pandas - Population & Conservation Status
Smithsonian's National Zoo - Is a Red Panda a Bear?

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.