Daftar Kelompok Pemberontak dalam Perang Soviet-Afganistan



Seorang warga lokal Afganistan yang sedang berdiri di atas bangkai tank Uni Soviet. (Hussein Malla / AP / detik.com)

Jika membicarakan soal Afganistan, perang menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam perjalanan sejarah negara pegunungan ini. Pasalnya sepanjang sejarahnya, Afganistan memang kerap dilanda pergolakan. Jika bukan perang melawan sesamanya sendiri, maka rakyat Afganistan harus berjibaku melawan serbuan pasukan asing.

Pada dekade 1980-an misalnya, wilayah Afganistan menjadi sasaran invasi militer Uni Soviet. Invasi itu sendiri terjadi karena Afganistan pada waktu itu sedang diperintah oleh rezim komunis, namun rezim yang bersangkutan sedang berada dalam posisi limbung akibat konflik melawan pemberontak mujahidin & konflik antara sesama tokoh di pemerintahannya sendiri.

Supaya Afganistan tetap berada di bawah pengaruh Uni Soviet, pasukan Uni Soviet pun melancarkan invasinya ke Afganistan pada tahun 1979. Namun sesudah berhasil melakukan invasi, pasukan Uni Soviet & Afganistan sesudah itu malah harus bersusah payah melawan para pejuang anti-komunis yang jumlahnya begitu banyak.

Kewalahan meladeni perlawanan yang diberikan oleh para mujahidin pemberontak Afganistan, Uni Soviet terpaksa menarik mundur pasukannya keluar Afganistan pada tahun 1989. Kemudian hanya berselang 2 tahun setelah pasukan Uni Soviet ditarik mundur dari Afganistan, Uni Soviet mengalami keruntuhan.


Afganistan & Uni Soviet (USSR) seperti yang terlihat pada peta.

Tidak diketahui secara pasti jumlah milisi pemberontak di Afganistan karena mereka pada dasarnya adalah warga sipil yang kebetulan tahu cara menggunakan senjata. Jumlah milisi pemberontak yang aktif di Afganistan semasa pendudukan Uni Soviet diperkirakan berkisar antara 200.000 hingga 744.000 personil.

Selain berjumlah banyak, milisi-milisi pemberontak Afganistan juga terbagi ke dalam aneka macam kelompok. Berdasarkan ideologi, latar belakang budaya, & negara pendukung utamanya, kelompok-kelompok pemberontak di Afganistan bisa dibagi ke dalam 3 faksi utama :

-  faksi yang didukung Pakistan & sekutunya
-  faksi yang didukung Iran
-  faksi komunis Maois


Peta Afganistan, Iran, & Pakistan. (acdemocracy.org)


FAKSI YANG DIDUKUNG PAKISTAN

Selama berkuasa, rezim komunis Afganistan kerap menggunakan metode pembunuhan & intimidasi untuk menyingkirkan pihak-pihak yang tidak sejalan. Salah satu dampak dari fenomena tersebut adalah banyaknya warga sipil Afganistan yang mengungsi ke luar negeri.

Pakistan selaku negara tetangga Afganistan di sebelah timur menjadi salah satu negara tujuan utama bagi para pengungsi. Kebetulan wilayah Pakistan utara memang banyak dihuni oleh etnis Pashtun, etnis terbesar di Afganistan.

Ada 7 kelompok pemberontak berbeda yang didukung oleh Pakistan. Markas utama kelompok-kelompok tersebut berada di Afganistan timur karena berbatasan langsung dengan negara Pakistan. Para petinggi kelompok ini umumnya berasal dari golongan tradisional & mazhab Sunni.


Peta provinsi-provinsi di Afganistan. Markas utama kelompok-kelompok pemberontak yang didukung oleh Pakistan umumnya berada di Afganistan timur. (Golbez / wikipedia.org)


Afghanistan National Liberation Front

Terjemahan : Front Pembebasan Nasional Afganistan
Nama lain : ANLF, Jebhe Nejati Melli
Ideologi : sekuler Islam

Kelompok bersenjata merangkap partai politik yang berhaluan moderat & sekuler. Pendiri ANLF adalah Sebqhatullah Mojadeddi. Basis utama kelompok ini berada di Provinsi Kunar & Paktia. Mayoritas anggota kelompok ini berasal dari golongan tradisional & Islam Sufi.


Gulbuddin Islamic Party

Gulbuddin Hikmatyar, pendiri kelompok GIP. (tolonews.com)

Terjemahan : Partai Islam Gulbuddin
Nama lain : GIP, Hezbi Islami
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok berhaluan Islam garis keras yang didirikan oleh Gulbuddin Hikmatyar pada tahun 1977. Kelompok ini aslinya bernama Partai Islam (Hezbi Islami). Namun karena kelompok ini kemudian mengalami perpecahan, kelompok ini di kemudian hari juga dikenal dengan nama "Partai Islam Gulbuddin" untuk membedakannya dari kelompok-kelompok lain yang mengusung nama serupa.

Dibandingkan dengan kelompok-kelompok pemberontak yang lain, GIP adalah kelompok yang paling banyak menerima bantuan dana dari Pakistan, Arab Saudi, & AS. Kelompok ini kerap merekrut anggota baru dari kalangan pelajar di sekolah sekuler & lulusan pesantren di ibukota Kabul. Basis utama GIP berada di Provinsi Nuristan, Nangarhar, & Kabul.


Khalis Islamic Party

Pasukan KIP. (erwinlux / wikipedia.org)

Terjemahan : Partai Islam Khalis
Nama lain : KIP
Ideologi : Islam

Kelompok pecahan GIP yang didirikan & dipimpin oleh Mawlawi Muhammad Yunis Khalis, tokoh anti-Syiah & anti-komunis yang melarikan diri ke Pakistan pada tahun 1973. Dibandingkan dengan GIP, kelompok ini cenderung lebih moderat. Basis utama kelompok ini berada di Provinsi Nangrahar, Kabul, Kunar, Lowgar, & Wardak.

Seperti halnya GIP, KIP juga kerap merekrut anggota baru dari kalangan pelajar & alumni pesantren. Dalam perkembangannya, KIP juga mendapatkan anggota baru dari kalangan tentara Afganistan yang beramai-ramai membelot.


Islamic Revolutionary Movement of Afghanistan

Foto tahun 1996 yang menampilkan sosok Mullah Omar (paling kiri), bekas anggota IRMA yang kelak menjadi pemimpin Taliban. (BBC / wikipedia.org)

Terjemahan : Gerakan Revolusioner Islam Afganistan
Nama lain : IRMA, Haraqati Inqilabi Islami
Ideologi : Islam

Kelompok berhaluan Islam moderat yang didirikan oleh Muhammad Nabi Muhammadi. Basis utama kelompok ini berada di Provinsi Lowgar & Lembah Helmand. Mayoritas anggota IRMA berasal dari etnis Pashtun, etnis dengan populasi terbesar di Afganistan.

Salah satu anggota IRMA yang paling terkenal adalah Mullah Omar, pendiri kelompok Taliban yang kelak bakal menjadi penguasa baru Afganistan sepeninggal Uni Soviet. Selain Omar, sejumlah tokoh penting di pucuk pemerintahan Taliban pada awalnya juga berstatus sebagai anggota IRMA.


Islamic Society

Ahmad Shah Massmoud & Burhanuddin Rabbani (paling depan), bekas anggota IS yang kelak memimpin pemberontakan anti-Taliban. (pinterest.com)

Terjemahan : Masyarakat Islam
Nama lain : IS, Jamiati Islam
Ideologi : Islam

Kelompok berhaluan Islam moderat dengan komposisi keanggotaan yang majemuk karena para anggota kelompok ini berasal dari etnis Tajik, Uzbek, & Pashtun. Basis utama kelompok ini berada di Afganistan utara, wilayah di Afganistan yang kebetulan memang banyak dihuni oleh etnis-etnis non-Pashtun.

Dua tokoh terpenting dari kelompok ini adalah Burhanuddin Rabbani & Ahmad Shah Massoud. Saat Uni Soviet mundur & Taliban menjadi penguasa baru Afganistan, kedua tokoh tersebut kemudian membentuk kelompok baru yang bernama "Aliansi Utara" (Northern Alliance), kelompok yang kelak menjadi musuh bebuyutan Taliban sepanjang dekade 90-an.


Islamic Union of Afghanistan

Terjemahan : Serikat Islam Afganistan
Nama lain : IUA, Ittihadi Islami
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok berhaluan Islam garis keras yang didirikan oleh Abdul Rasul Sayyaf. Kelompok ini banyak menerima bantuan dana dari para penganut aliran Wahabi di Arab Saudi. Karena memiliki hubungan erat dengan Arab Saudi, banyak anggota IUA yang berasal dari etnis Arab.


National Islamic Front of Afghanistan

Terjemahan : Front Islam Nasional Afganistan
Nama lain : NIFA, Mahaze Melli
Ideologi : sekuler, monarkis

Kelompok berhaluan moderat yang didirikan oleh Pir Sayed Ahmad Gailani, tokoh yang di masa lampau memiliki hubungan dekat dengan keluarga Kerajaan Afganistan.  Oleh karena itulah, banyak anggota kelompok ini yang berstatus sebagai bekas tentara & pejabat pemerintahan Afganistan. Basis utama kelompok ini berada di Provinsi Paktia, Paktika, Ghazni, & Kandahar (semuanya terletak di Afganistan tenggara).



FAKSI YANG DIDUKUNG IRAN

Seperti halnya Pakistan, Iran selaku negara tetangga Afganistan juga memberikan dukungannya pada kelompok-kelompok pemberontak di Afganistan. Terlebih lagi karena sejak tahun 1979, Iran merupakan negara yang mengusung sistem pemerintahan berbasis agama & memiliki ambisi untuk menyebarkan sistem politik serupa ke negara-negara lain.

Karena mayoritas penduduk Iran adalah penganut agama Islam mazhab Syiah, kelompok-kelompok pejuang Afganistan yang didukung oleh Iran umumnya beranggotakan penganut mazhab Syiah. Kelompok-kelompok tersebut umumnya mendapatkan anggotanya dari daerah Hazarajat, wilayah di Afganistan tengah yang banyak dihuni oleh orang etnis Hazara (etnis minoritas Afganistan yang umumnya menganut mazhab Syiah).

Peta lokasi Hazarajat, wilayah di Afganistan yang banyak dihuni oleh etnis Hazara. (arsof-history.org)


Revolutionary Council of the Islamic Union of Afghanistan

Terjemahan : Dewan Revolusi Serikat Islam Afganistan
Nama lain : Shurai Inqilabi Ittifaghi Islamii Afghanistan
Ideologi : Islam Syiah

Kelompok yang awalnya merupakan partai politik berhaluan Islam Syiah yang didirikan oleh Sayyad Beheshti. Kelompok ini juga dikenal dengan nama singkat "Shura". Selain beranggotakan orang-orang dari etnis Hazara, kelompok ini juga diperkuat oleh tentara-tentara Afganistan yang membelot. Basis utama kelompok ini berada di wilayah Hazarajat & Provinsi Ghazni, Afganistan tenggara.


Islamic Victory Organization of Afghanistan

Terjemahan : Organisasi Kemenangan Islam di Afganistan
Nama lain : IVOA, Sazmani Nasri Islamiyi Afganistan, Nasri
Ideologi : Islam Syiah garis keras

Kelompok berhaluan Islam Syiah garis keras yang memiliki hubungan amat dekat dengan pemerintah Iran. Anggota kelompok ini umumnya berasal dari orang-orang etnis Hazara yang sedang belajar & bermukim di Iran. Markas utama kelompok ini berada di Daykundi, Afganistan tengah.


Islamic Movement of Afghanistan

Terjemahan : Gerakan Islam
Nama lain : IM, HI, Harakati Islami
Ideologi : Islam Syiah

Kelompok berhaluan Islam Syiah yang didirikan oleh Ayatollah Asef Muhsini. Kelompok ini didirikan di Iran supaya kemudian bisa ikut serta dalam pemberontakan di Afganistan.


Hizbullah

Qori Ahmad, pemimpin Hizbullah Afganistan di masa pemberontakan anti-komunis. (Applodion / wikipedia.org)

Terjemahan : Partai Tuhan
Nama lain : Party of Allah, Hezbe Allah, Hizbullah Afganistan
Ideologi : Islam Syiah

Kelompok yang didirikan di Iran pada tahun 1980 dengan maksud menyebarkan sistem pemerintahan berbasis agama ala Iran ke negara-negara lain. Meskipun namanya sama, kelompok ini tidak sama dengan kelompok Hizbullah yang aktif di Lebanon.

Hizbullah Afganistan dipimpin oleh ulama Syiah yang bernama Qori Ahmad Yakdaste / Qori Ahmad Ali. Markas utama kelompok ini berada di Mashhad, Iran. Di Afganistan, daerah operasi kelompok ini terkonsentrasi di wilayah selatan & tenggara Afganistan.


Army of the Guardians of the Revolution

Terjemahan : Tentara Pelindung Revolusi
Nama lain : Sepahi Pasdaran
Ideologi : Islam Syiah garis geras

Kelompok Syiah garis keras yang dipimpin oleh Akbari & Saddiqi. Kelompok ini tidak memiliki banyak anggota, namun memiliki hubungan yang amat dekat dengan pemerintah Iran. Sejumlah anggota kelompok ini berasal dari anggota kelompok Shura yang membelot.



FAKSI KOMUNIS MAOIS

Pemberontakan menentang pasukan Uni Soviet & rezim komunis Afganistan bukan hanya dilakukan oleh mereka yang berasal dari golongan agamis & tradisional, tetapi juga oleh mereka yang berasal dari golongan komunis Maois (aliran komunis yang dicetuskan oleh Mao Zedong, pendiri Republik Rakyat Cina). Kebetulan sejak dekade 1950-an, hubungan Cina & Uni Soviet memang sedang memburuk karena keduanya sama-sama ingin menjadi negara komunis yang paling dominan.

Jika dibandingkan dengan kelompok mujahidin (milisi pemberontak berbasis agama), kelompok pemberontak berhaluan Maois memiliki skala kekuatan yang jauh lebih kecil. Alasan pertama, karena paham Maoisme bukanlah paham yang populer di mata rakyat Afganistan. Alasan kedua, karena banyak tokoh Maois Afganistan yang ditangkap oleh aparat Afganistan.

Alasan ketiga, tokoh-tokoh Maois Afganistan yang masih aktif kerap terlibat konflik dengan sesamanya akibat perbedaan cara pandang. Alasan keempat yang juga merupakan alasan terpenting, Cina selaku negara poros Maoisme ternyata lebih suka memberikan dukungannya kepada kelompok-kelompok mujahidin.

Tidak diketahui kelompok mujahidin mana yang didukung oleh Cina. Yang sudah diketahui adalah untuk melatih mujahidin, para pejuang Afganistan di Pakistan akan dikirim ke kamp-kamp pelatihan milik Cina di Xinjiang, Cina barat.

Peta lokasi Xinjiang & Afganistan. (abc.net.au)

Setelah menerima pelatihan yang cukup, mujahidin-mujahidin tersebut akan dikirim kembali ke Pakistan sambil membawa aneka macam persenjataan modern seperti senapan mesin & peluncur roket. Jumlah total bantuan Cina kepada para mujahidin ditaksir mencapai 400 juta dollar AS.

Kembali ke soal pemberontak Maois Afganistan. Berikut ini adalah kelompok-kelompok Maois yang diketahui aktif mengangkat senjata saat pasukan Uni Soviet menginvasi wilayah Afganistan :


Liberation Organization of the People of Afghanistan

Terjemahan : Organisasi Pembebasan Rakyat Afganistan
Nama lain : Sazmane Azadibakhshe Mardome Afghanistan, SAMA
Ideologi :

Kelompok berhaluan Maois yang pertama kali didirikan pada tahun 1977 & dipimpin oleh Majid Kalakani. Kelompok ini lebih dikenal dengan nama SAMA, nama singkatan kelompok tersebut dalam bahasa Persia (Sazmane Azadibakhshe Mardome Afghanistan). Sejak tahun 1983, kelompok ini mengalami penurunan kekuatan yang amat drastis setelah tokoh-tokoh pentingnya ditangkap oleh aparat Afganistan.


Afghanistan Liberation Organization

Sepasang milisi anggota ALO. (a-l-o.maoism.ru)

Terjemahan : Organisasi Pembebasan Afganistan
Nama lain : ALO, Sazmane Rehai
Ideologi : komunis Maoisme

(ALO; Organisasi Pembebasan Afganistan; Sazmane Rehai) adalah kelompok berhaluan Maois yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Pendiri kelompok ini adalah Faiz Ahmad. Sejak tahun 1984, kelompok ini dilanda perpecahan internal setelah faksi pimpinan Ahmad terlibat konflik melawan faksi pimpinan Amin Maiwand.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

GlobalSecurity.org. "Group of Soviet Forces in Afghanistan".
(www.globalsecurity.org/military/world/russia/gsfa.htm)

Ibrahimi, N.. 2012. "Ideology Without Leadership: the Rise and Decline of Maoism in Afghanistan".
(www.afghanistan-analysts.org/wp-content/uploads/downloads/2012/09/NIbr-Maoists-final.pdf)

J.C. Dewdney, dkk.. 2008. "Union of Sovie Socialist Republic". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Starr, S.F.. 2004. "Xinjiang: China's Muslim Borderland" (hal. 157 - 158). M.E. Sharpe, AS.

Stenersen, A.. 2010. "The Taliban insurgency in Afghanistan – organization, leadership and worldview".
(www.ffi.no/no/Rapporter/10-00359.pdf)

Szczepanski, K.. 2019. " The Sino-Soviet Split".
(www.thoughtco.com/the-sino-soviet-split-195455)

Weinbaum, M.G.. 2008. "Afghanistan". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wilson Center Digital Archive. 1999. "Dossiers of Political Parties Intent on Exporting an Islamic Revolution".
(digitalarchive.wilsoncenter.org/document/111604)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.